Sukses

4 Tips Menjalani Puasa Tanpa Rasa Kantuk Saat WFH

Di bulan puasa, work from home (WFH) akan menjadi tantangan tersendiri. Lalu, bagaimana agar tingkat produktivitas dan konsentrasi Anda tidak menurun?

Liputan6.com, Jakarta Pendemi corona yang terjadi di bulan Ramadan tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Selain puasa, Anda juga harus melakukan aktivitas bekerja dari rumah atau WFH selama masa pandemi. 

Selama puasa, mungkin Anda kerap merasakan kantuk saat bekerja di rumah. Hal itu dipicu oleh menurunnya tingkat gula darah di kala puasa. 

Lalu, bagaimana caranya agar tingkat produktivitas dan konsentrasi Anda tidak menurun saat puasa? Berikut tips yang bisa Anda terapkan agar rasa kantuk tidak melanda pada saat melakukan WFH di kala berpuasa.

1.Perbaiki Kualitas Tidur

Jangan mengabaikan aktivitas tidur Anda di malam hari. Sebab jika kurang tidur, Anda akan kekurangan tenaga. Tentu saja hal itu bisa mengakibatkan tubuh terasa lemas dan lebih cepat mengantuk.

2. Atur Jam Tidur

Sebisa mungkin atur waktu tidur Anda dengan benar. Anda juga bisa memanfaatkan waktu istirahat saat jam kerja selama 15 sampai 30 menit.

3. Melakukan Aktivitas Peregangan

Ketika rasa kantuk sudah mulai melanda, usahakan untuk melakukan aktivitas gerak sederhana seperti peregangan atau berjalan di sekitar rumah. Menurut penelitian, dengan berjalan selama 10 menit bisa meningkatkan energi. Pasalnya, berjalan dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot.

4. Perhatikan Asupan Saat Sahur

Hal yang tentunya tidak boleh terlewatkan adalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat sahur. Agar tidak cepat mengantuk, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Perbanyak menyantap buah dan sayuran. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup. Setidaknya dua gelas saat sahur dan berbuka, dan empat gelas di malam hari agar tubuh tidak mudah lemas dan mengantuk saat menjalani puasa.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai tips agar tidak mengantuk saat WFH selama berpuasa? Simak tips selengkapnya dalam tayangan Kamu Harus Tau yang ada di channel SCTV hanya di Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.