Sukses

Telat Bangun, Ini 6 Menu Pilihan Saat Waktu Sahur Tinggal 5 Menit

Selain minum air putih, ini pilihan praktis saat telat bangun untuk sahur.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh yang lelah atau tidur terlalu malam kadang membuat seseorang terlambat bangun untuk sahur. Bangun-bangun, jam menunjukkan sudah hampir Imsak.

Hanya menenggak air putih saat sahur tentu bukan pilihan bijak. Jika waktu sahur sudah mepet sekitar belasan menit pilih makanan praktis tapi kaya gizi seperti disampaikan ahli gizi Seala Septiani.

Makanan yang disantap saat mepet Imsak tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta serat. Misalnya makan sahur praktis dengan roti, susu, dan buah.

"Enggak perlu banyak porsinya, pastikan mengandung nutrisi itu sudah cukup," kata Seala ditemui beberapa waktu lalu.

Jika waktu menunjukkan 5 menit lagi Imsak, selain minum air putih, berikut beberapa sajian yang bisa disantap rekomendasi Have Halal Will Travel.

1. Kurma

Tak hanya untuk menu awal berbuka, bagi yang mepet makan saat sahur kurma bisa jadi pilihan. Pastikan stok kurma ada di meja makan atau tempat yang mudah dijangkau. Jika masih ada waktu campur kurma ke dalam yoghurt agar tetap berenergi hingga berbuka.

 

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Yoghurt

Dua bahan ini bila dicampur akan menjadi sajian yang kaya protein juga serat, vitamin, dan mineral. Tak butuh waktu lama juga untuk membuatnya. Pastikan punya stok dua bahan ini di bulan Ramadan.

3 dari 6 halaman

3. Oatmeal instan

3. Minuman oatmeal instan

Ini juga perlu ada saat bulan Ramadan manakala terbangun mepet dengan waktu Imsak. Selain mengandung serat yang membuat kenyang lebih lama, ada beberapa vitamin dan mineral di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Roti lapis selai kacang

4. Roti lapis selai kacang dan pisang

Ambil setangkup roti lalu segera oles selai kacang. Masih ada waktu? Tambahkan potongan pisang di atasnya.

5 dari 6 halaman

Telur orak-arik

5. Telur orak-arik

Jika waktu lebih dari 5 menit, buat telur orak-arik. Cukup dua menit untuk membuat telur orak-arik. Lalu, letakkan telur tersebut ke atas roti atau makan bersama nasi. 

6 dari 6 halaman

Pisang

6. Pisang

Ini menu paling praktis saat waktu sahur sudah hampir habis. Selain kaya serat, buah berdaging putih kekuningan ini juga sumber karbohidrat yang membuat tubuh berenergi hingga nanti bedug Maghrib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.