Redakan Mual, Kepala BKKBN Sarankan Dua Hal Ini Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 06 Mei 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 22:00 WIB
BKKBN
Perbesar
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menerangkan, penyuluh KB ikut mempromosikan pencegahan Corona COVID-19 saat live di Kantor BKKBN, Jakarta, Jumat (27/3/2020). (Dok Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional/BKKBN)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengungkapkan dua hal yang bisa dikonsumsi saat ibu hamil muda sedang mengalami rasa mual.

Hasto mengatakan, bagi yang pertama bisa dikonsumsi ibu hamil adalah wedang jahe. Menurutnya, cara ini sudah terbukti untuk meredakan mual.

Namun, Hasto mengatakan yang paling baik adalah mengonsumsi wedang jahe yang asli atau dibuat sendiri.

"Jadi kalau perlu beli jahe sendiri di warung, atau beli di angkringan itu malah sendiri. Dibakar sendiri, kemudian digeprek sendiri, kemudian diminum sendiri," kata Hasto dalam peluncuran situs Siap Nikah beberapa waktu lalu, ditulis Rabu (6/5/2020).

"Maksud saya ini masih asli, murah lagi. Karena memang mengurangi mual. Jadi kalau hamil muda, pakai saja jahe," ujar Hasto yang juga merupakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Es Krim

Segarnya Es Krim 3 Rasa Tanpa Bikin Gemuk
Perbesar
Berikut cara praktis membuat es krim dengan 3 rasa yang berbeda tanpa takut gemuk. (Foto: iStockphoto)

Selain itu, apabila mengalami mual tetapi tidak bisa makan atau minum banyak, Hasto merekomendasikan ibu hamil muda untuk mengonsumsi es krim. Menurutnya, selain enak dan segar, makanan ini mengandung gula, protein, dan lemak.

Hasto menambahkan, yang terpenting adalah es krim cepat diserap dalam lambung. Menurutnya, hal ini terjadi dalam waktu tidak sampai dua jam saja.

"Ini bagus karena ibu hamil yang mual muntah tadi kan kalau makan tidak segera diserap kan muntah. Kalau muntah, makan jagung keluar masih jagung, makan nasi keluar masih nasi, tapi kalau makan es krim, selang berapa jam sudah habis," mantan Bupati Kulon Progo itu menambahkan.

Menurutnya pengetahuan sederhana untuk menjaga agar kehamilan tetap sehat semacam ini penting untuk diketahui. "Ngakali lah. Mengakali tapi dengan cara yang baik dalam arti bisa dipertanggung jawabkan," kata Hasto.

"Ini khusus hamil muda lho bukan hamil tua," tegasnya,

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓