Cara Bedakan Lapar Fisik atau Lapar Emosional Usai Makan Besar Saat Buka Puasa

Oleh Aditya Eka Prawira pada 04 Mei 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2020, 20:00 WIB
Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Sahur
Perbesar
Cepat Lapar / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta - Kita selalu dianjurkan untuk menyantap tiga biji kurma dengan segelas air putih terlebih dahulu saat buka puasa. Kurma yang dimakan dengan jumlah yang ganjil sesuai anjuran Rasullah berguna untuk mengembalikan energi yang hilang.

Setelah selesai salat Maghrib, barulah kita menyantap makanan yang berat. Sebaiknya secukupnya agar tidak terasa begah saat akan melaksanakan salat Isya, yang dilanjutkan dengan salat tarawih berjamaah.

 

2 dari 5 halaman

Langsung Tidur atau Makan Lagi Setelah Salat Tarawih?

Cara Kendalikan Rasa Lapar Saat Berpuasa
Perbesar
Cara Kendalikan Rasa Lapar Saat Berpuasa (Sumber: iStockphoto)

Usai salat tarawih yang dilakukan sebanyak 11 rakaat, sebagian orang memilih untuk memasak makanan sahur atau langsung tidur. Akan tetapi pada sejumlah orang, masih melanjutkan untuk makan karena merasa masih belum kenyang padahal saat makan sebelum salah tarawih dengan porsi yang cukup banyak.

Hati-hati jika hal tersebut terus terjadi. Coba tanya ke diri sendiri, apakah rasa lapar yang mendadak muncul setelah tarawih padahal sudah makan besar sebelumnya benar-benar lapar fisik. Atau jangan-jangan sebenarnya sedang didera lapar emosional atau lapar mata saja.

Hanya diri sendiri yang dapat mengetahui dengan pasti apakah itu lapar fisik atau lapar emosional atau lapar mata.

 

3 dari 5 halaman

Benar-Benar Lapar Fisik atau Sekadar Lapar Emosional?

Sering Merasa Lapar? Ternyata Ini Alasannya
Perbesar
Pernahkah Anda merasa kelaparan yang sangat hebat ketika baru bangun tidur? Ternyata inilah beberapa alasannya. (Foto: iStockphoto)

Menurut Dinda Utami, APKI Certified Trainer dan NLP Licensed Practitioner, ciri-ciri dari lapar fisik adalah perut yang terasa kosong dan terkadang berbunyi, disertai juga dengan menurunnya konsentrasi serta energi.

"Apabila setelah salat tarawih ada ciri-ciri lapar fisik, makanlah secukupnya dan tidak perlu sampai kenyang atau sampai perut terasa penuh," kata Dinda.

 

4 dari 5 halaman

Bagaimana Bila Ciri-Ciri Itu Tak Ada?

Ilustrasi Sahur, Buka Puasa, Puasa, Ramadan (iStockphoto)
Perbesar
Salah Memilih Menu Sahur Selama Puasa Ramadan Berbahaya untuk Tubuh (Ilustrasi/iStockphoto)

Apabila ciri-ciri tersebut tak ada, Dinda, mengatakan, bisa jadi ada alasan lain atau yang biasa disebut dengan lapar emosional.

Guna mengetahui itu dengan pasti, lanjut Dinda, duduk dengan tenang, minum segelas air putih, lalu lakukan kegiatan lain sambil bertanya kepada diri sendiri 'Apakah aku benar2 lapar?'.

"Only you have the answer," katanya.

5 dari 5 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓