Sukses

Wabah Corona, Berapa Lama Imunisasi pada Anak Boleh Ditunda?

Imunisasi bisa ditunda hingga satu bulan dari jadwal.

Liputan6.com, Jakarta Imunisasi pada anak tetap perlu dilakukan meski sekarang tengah terjadi pandemi virus Corona. Penundaan boleh dilakukan asal tidak lebih dari satu bulan dari jadwal yang sudah ditentukan seperti disampaikan Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia Prof Dr dr Kusnandi Rusmil SpA(K).

Jika memang orangtua was-was akan virus Corona saat pergi keluar rumah, Kusnandi mengatakan imunisasi bisa dilakukan di luar rumah sakit atau puskesmas.

"Kalau enggak bisa ke rumah sakit, enggak bisa ke puskesmas ya ke dokter praktik. Telepon dokternya, pasti enggak akan menolak dokternya," kata Kusnandi dalam live Instagram @idai_ig pada Kamis (30/4/2020).

 

Jika memang orangtua membawa anak ke rumah sakit atau klinik untuk imunisasi pastikan memilih fasilitas layanan kesehatan yang memisahkan antara pelayanan yang sakit dengan imunisasi. 

"Kalau di tempat praktek kan bisa dijadwal yang sakit enggak dicampur sama yag imunisasi. Kalau yang imunisasi juga diatur ada jarak," kata Kusnandi lagi.

"Yang penting hindari kerumunan," tambahnya.

Imunisasi penting dilakukan guna mencegah penyakit yang bisa menimpa anak. Mencegah lebih baik dari mengobati penyakit.

"Lakukan imunisasi sesuai jadwalnya," pesan Kusnandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini