Kerja dari Rumah, Agni Pratistha Tetap Bisa Main dengan Buah Hati

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 01 Mei 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 01 Mei 2020, 18:00 WIB
Agni Pratistha
Perbesar
Kerja dari rumah saat pandemi COVID-19, Agni Pratistha tetap punya waktu bermain dengan tiga anaknya. (Dok Wahana Visi Indonesia/WVI)

Liputan6.com, Jakarta Meski kerja dari rumah selama pandemi COVID-19, Agni Pratistha tetap memliki waktu untuk bermain bersama tiga anaknya. Rudra (6), Bhaga (2,5) dan Varuna (6 bulan) adalah ketiga buah hati Agni.

Menurut Agni, orangtua yang kerja dari rumah selama COVID-19 diharapkan juga sepenuhnya hadir untuk anak. Momen #dirumahaja akan melekatkan orangtua dengan anak serta lebih memahami karakter juga kebutuhan anak.

“Kita harus memiliki jadwal yang realistis, tidak perlu muluk-muluk. Kalau tidak tercapai nanti malah bisa stres. Contohnya, saya mau kerja antara pukul 10.00 sampai 11.00, maka di waktu-waktu itu gunakan sepenuhnya untuk bekerja, dengan tidak diganggu siapa pun," tutur Agni yang pernah menjadi Putri Indonesia 2006, ditulis Kamis (30/4/2020).

"Tetapi setelah itu, gunakan waktu sepenuhnya untuk bermain bersama anak atau mendampingi mereka belajar."

Melalui penuturan cerita yang diterima Health Liputan6.com, kehadiran orangtua saat kerja dari rumah dapat dirasakan oleh anak dengan terus menyiapkan aktivitas yang menyenangkan. Misal, menyiapkan makanan sehat dan mengatur jam belajar anak.

2 dari 4 halaman

Agar Anak Tidak Bosan

anak perempuan
Perbesar
Agar anak tidak bosan di rumah. /Photo by Tanaphong Toochinda on Unsplash

Membuat anak-anak senang dan tidak bosan selama berada di rumah juga sangat penting. Di mata Agni, anak-anak sangat mudah dibuat merasa senang dengan hal-hal sederhana.

Sebut saja mencari ulat di taman atau main perosotan yang diberi air dan sabun serta bermain rumah-rumahan di kolong meja.

Dukungan suami tercinta juga membantu Agni menjalani hari-hari bekerja dan mengurus anak di rumah. Pasangan harus diajak berdiskusi mengenai apa saja pengalaman yang dilalui anak-anak.

Cara ini mendorong kedekatan ikatan emosional suami-istri. Suami dan istri harus memiliki kesepakatan terhadap apa yang akan disampaikan pada anak-anak.  

“Kebetulan pas saya resign dari pekerjaan, lalu ada momen #dirumahaja. Rasanya seperti menegaskan, bahwa saya memang harus hadir untuk anak-anak. Selama banyak di rumah, saya dan suami jadi lebih memahami anak saya seperti apa, jadi mengerti bagaimana karakternya. Waktu-waktu ini benar-benar harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkap Agni. 

3 dari 4 halaman

Me Time dan Aktivitas yang Disukai

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Sebagai ibu, Agni juga merasa penting baginya menyediakan waktu untuk diri sendiri atau istilahnya me time. Ketika anak-anak tidur, ia bisa bangun lebih awal untuk melakukan aktivitas disukai.

"Saya suka menjahit, berolahraga atau memasak. Saat pandemi COVID-19, saya menjahit masker kain untuk anak-anak yang membutuhkan," ujarnya yang juga salah satu Relawan Wahana Visi Indonesia (WVI).

“Apalagi saat saya bangun lebih awal, jadi punya sikap yang lebih positif untuk menjalani hari dan menghadapi anak-anak. Tidak mudah emosi dan marah-marah seperti kalau saya bangun lebih siang." 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓