Sukses

Tetap Sehat Saat Ramadan, Ini Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Gangguan Pencernaan

Raissa E Djuanda, Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Pondok Indah imbau penderita masalah pencernaan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas dan asam untuk berbuka dan sahur.

Liputan6.com, Jakarta Raissa E Djuanda, Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Pondok Indah imbau penderita masalah pencernaan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas dan asam untuk berbuka dan sahur.

"Hindari makanan merangsang asam lambung misalnya makanan terlalu asam, pedas, berbumbu tajam, dan sayuran yang mudah menyebabkan lambung bergas seperti kol," ujarnya seperti dikutip Antara (27/4/2020).

Makanan lain perlu dihindari penderita penyakit maag adalah "buah-buahan yang dikeringkan, manisan, atau asinan buah. Makanan-makanan tersebut dapat mudah merangsang lambung."

Selain itu, minuman soda dan alkohol juga perlu dihindari, imbuhnya.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurut Ahli Lain

Senada dengan Raissa, pakar kesehatan Prof. Madya Dr Raja Affendi juga tidak menyarankan penderita gangguan lambung untuk memakan buah-buahan asam dan produk berbasis tomat. Menurutnya, secara teknis tomat mengandung banyak asam.

Makanan lainnya yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat.

Minuman mengandung kafein seperti teh dan kopi juga tidak baik karena bisa mengeluarkan lebih banyak urin. Hal ini dapat membawa garam mineral berharga yang dibutuhkan selama puasa.

Saat puasa di tengah pandemi COVID-19, Raissa menyarankan untuk konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Pemenuhan protein harian bisa didapat dari konsumsi telur dan susu. Asupan omega tiga, asam lemak esensial juga perlu dipenuhi dan bisa didapat dari teri basah, ikan salmon, tuna, sarden, dan lele.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.