Kak Seto: Lewati Pandemi Bersama Anak di Rumah, Orangtua Harus Lebih Tahan Banting

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 27 Apr 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Apr 2020, 07:00 WIB
[Bintang] Kak Seto
Perbesar
Kak Seto (Adrian Putra/bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta Psikolog Seto Mulyadi atau lebih dikenal dengan nama Kak Seto meminta orangtua agar lebih kuat untuk bertahan di masa pandemi COVID-19. Terutama, saat melakukan kegiatan bersama anak di rumah.

"Pada dasarnya setiap manusia mempunyai daya lenting yang luar biasa," kata Kak Seto dalam konferensi persnya yang disiarkan secara daring dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta pada Sabtu kemarin, ditulis Minggu (26/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut Kak Seto mengatakan bahwa orangtua harus mewaspadai berbagai hal yang rentan membuat stres pada anak saat beraktivitas di rumah. Hal-hal inilah yang membuat orangtua harus lebih kuat dalam menghadapi situasi semacam ini.

"Salah satunya adalah kadang-kadang di dalam cara orangtua menghadapi putra-putri tercinta," kata Kak Seto.

Dia mengatakan, ketika memaksakan anak untuk belajar di rumah, hal tersebut malah bisa membuat mereka. Menurutnya, tekanan tersebut tanpa disadari menimbulkan kekerasan pada mereka.

2 dari 3 halaman

Saling Mendukung

Keluarga Bahagia Keluarga Harmonis
Perbesar
Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

Kondisi lain yang harus diwaspadai adalah terkait kejahatan yang mengintai anak dari dunia maya. Apalagi, penggunaan internet meningkat.

Masalah lain yang berbahaya bagi anak menurut Kak Seto adalah terkait rokok. Seringkali, produk tembakau tersebut menjadi pelarian bagi orang dewasa perokok saat dilanda masalah.

Di sinilah Kak Seto meminta orangtua supaya bisa tahan banting dalam melewati situasi pandemi ini. Dia mengatakan, agar orang semakin kuat, mereka bisa saling mendukung satu sama lain.

"Mungkin melalui media sosial saling berkomunikasi, saling menyemangati sehingga daya lenting atau kemampuan adaptasi terhadap lingkungan yang mungkin sementara ini kurang kondusif, juga semakin bisa ditingkatkan," kata Kak Seto.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓