Sukses

Gejala Awal Penyakit Diabetes yang Perlu Kamu Tahu

Indonesia berada di urutan ke-6 negara di dunia untuk jumlah penderita diabetesnya. Bahkan, pada tahun 2018, penderita diabetes di Indonesia mencapai 20 juta orang

Liputan6.com, Jakarta - Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Hal itu terbukti dari data International Diabetes Federation tahun 2017, yang menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dengan jumlah penderita diabetes terbanyak. 

Menurut dr. Alvin Nursalim, penderita diabetes di Tanah Air mencapai 20 juta orang pada tahun 2018. Kebanyakan orang dengan diabetes datang menemui dokter ketika penyakitnya sudah sulit diatasi.

“Orang-orang dengan diabetes sering banget datang ke rumah sakit terlambat. Dalam arti sudah timbul luka baru berobat. Karena perlu diakui gejala awalnya memang tidak khas,” kata dr. Alvin kepada Pak Zul, salah satu penderita diabetes.

Dokter Alvin juga menyebutkan bahwa gejala awal orang yang terkena diabetes adalah mudah merasa lapar dan haus. Tidak hanya itu, intensitas buang air kecil juga meningkat.

“Jadi penderita diabetes itu memang sering banget mudah merasa lapar, mudah merasa haus, sering buang air kecil, serta berat badan yang menurun,” ungkapnya.

Ia menyarankan, jika memiliki gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera langsung menemui dokter agar dapat segera ditangani.

“Kalo ada gejala seperti itu, segera cek ke puskesmas. Biar gula darah bisa diatur, dikontrol, dicek,” jelas dr. Alvin.

Untuk melihat fakta diabetes dan seputar kesehatan lainnya, bisa tonton di channel Klik Dokter yang ada di Vidio.

Saksikan videonya berikut ini.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.