Sukses

Cegah Penularan COVID-19, Jalankan Ibadah Puasa Bersama Keluarga di Rumah Aja

Pada tahun ini umat Muslim diimbau untuk tetap disiplin berada di rumah demi mencegah penularan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari lagi jelang Ramadan. Namun, pada tahun ini umat Muslim diimbau untuk tetap disiplin berada di rumah demi mencegah penularan COVID-19, termasuk dalam hal beribadah. Hal ini disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.

"Memasuki Bulan Ramadan, saatnya menjalan ibadah bersama keluarga," kata Yurianto dalam konferensi pers, Rabu (22/4/2020).

Tetap berada di rumah selama menjalankan ibadah puasa berperan mencegah penularan COVID-19. Apalagi, kita tidak pernah tahu orang yang berada di luar ruang itu membawa virus atau tidak.

"Banyak orang tanpa gejala yang tidak bisa kita bedakan dengan mata biasa," katanya.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa pandemi Corona atau Covid-19 di bulan suci Ramadan, bukan sebagai halangan untuk beribadah.

Pembatasan kerumunan bukan membatasi ibadah. Karena menurut para ahli, pembatasan sosial sekarang untuk menghindari wabah Corona.

"Karena itu untuk menghindari kerumunan di dalam konteks hari ini adalah salah satu bentuk ibadah," ucap Asrorun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini