Sukses

Jubir Yurianto: Banyak OTG COVID-19 yang Tak Bisa Dibedakan dengan Mata Biasa

Cegah penularan Virus Corona dengan tetap berada di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Achmad Yurianto, juru bicara penanganan COVID-19 di Indonesia tak bosan-bosan mengingatkan seluruh masyarakat untuk sama-sama memutus rantai penyebaran virus Corona di tanah air.

Dalam keterangan pers di Kantor BNPB, Jakarta pada Rabu, 22 April 2020, Yurianto menyebut ada tiga langkah yang dapat dilakukan masyarakat guna mencegah penularan COVID-19:

1. Disiplin untuk tetap tinggal di rumah. Untuk umat Muslim, sebentar lagi akan masuk bulan Ramadan, jadi dapat menjalankan ibadah Ramadan bersama keluarga.

"Karena kira tidak pernah tahu siapa orang yang ada di luar yang membawa virus. Banyak OTG (orang tanpa gejala) yang tidak bisa kita bedakan dengan mata biasa," katanya.

2. Gunakan masker jika terpaksa keluar rumah dan batasi waktunya. Hindari kerumunan, hindari naik kendaraan umum dengan penumpang yang penuh.

Dan, jika terpaksa harus beli makanan di luar rumah, beli dan makanlah di rumah, gunakan jasa pengantaran jika membutuhkan sesuatu yang ingin dibeli di luar.

"Segera pulang, sampai di rumah lepas masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta ganti dengan masker yang baru," ujarnya.

3. Mari lindungi kelompok rentan, yakni yang berusia lanjut, yang memiliki riwayat penyakit kronik misal darah tinggi, kencing manis, asma, kanker, TBC dan lainnya.

"Karena mereka rentan dan bisa berakibat fatal manakala terinfeksi COVID-19," kata Yurianto

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.