Sukses

Masak Di Rumah Aja, Ini Tips agar Proses Membuat Makanan Tetap Aman

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat memasak atau membuat makanan sendiri selama di rumah saja

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 yang mengharuskan masyarakat berkegiatan di rumah membuat beberapa orang jadi lebih sering memasak dan memenuhi kebutuhan makanannya secara mandiri.

Untuk itu, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar kegiatan memasak atau memproduksi makanan di rumah bisa tetap menyehatkan.

Chef Degan Septoadji mengatakan baik dalam memproduksi atau mengonsumsi makanan, seseorang wajib mencuci tangannya terlebih dahulu. Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta pada Rabu (22/4/2020).

"Kita harus selalu bersih kalau memproduksi makanan harus selalu bersih supaya aman. Pertama kali cuci tangan, kita harus cuci tangan setiap kalau memproduksi atau mau makan juga, sebelum dan sesudah, selalu cuci tangan dengan sabun kalau bisa 20 detik," kata Degan.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kebersihan Lingkungan

Selain itu, koki yang juga sempat menjadi juri kontes memasak MasterChef itu juga menganjurkan masyarakat untuk terlebih dahulu mencuci buah dan sayuran segar sebelum dikonsumsi.

"Kalau kita memanaskan makanan juga sangat penting, bahwa kita memanaskan dengan suhu minimum 72 derajat selama paling tidak 2 menit, karena itu mematikan semua kuman-kuman di situ," katanya.

Dia menambahkan, penting untuk membersihkan peralatan dan lingkungan memasak agar tetap terhindar dari kuman, baik sebelum maupun setelah memproduksi makanan.

"Di kitchen ada istilahnya clean as you go. Jadi setiap kali kita bergerak, kita harus bersih-bersih lingkungan kita," kata Degan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.