Kisah Bayi-Bayi yang Lahir di Tengah Pandemi COVID-19 (I)

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 21 Apr 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2020, 13:00 WIB
Ilustrasi bayi menangis (Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi bayi menangis (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Wabah COVID-19 telah merenggut banyak jiwa. Penularan yang begitu cepat dan luas membuat sebagian orang tidak bisa bertahan.

Namun, di sisi lain kehidupan baru pun lahir di tengah pandemi ini. Bayi-bayi yang lahir di saat COVID-19 menyerang memiliki kisah-kisah tersendiri.

Alicia Anderson

Dilansir New York Post, bayi perempuan ini lahir pada 22 Maret 2020, di Rumah Sakit Jack D. Weiler, Fakultas Kedokteran Albert Einstein, The Bronx.

Pada kehamilan usia 33 minggu, ibunya, Octobeya Scott dirawat di rumah sakit karena pneumonia terkait COVID-19. Setelah lima hari, ia dipulangkan dari Rumah Sakit tersebut. Selang empat jam, ia kembali lagi ke rumah sakit dengan ambulans.

Paru-paru guru pendidikan khusus ini dipenuhi cairan yang membuatnya terengah-engah.

“Itu menakutkan dan saya panik,” kata Scott, (30). “Suami saya, Kevin, dan diberi tahu bahwa satu-satunya pilihan saya adalah melahirkan bayi lebih awal dengan bedah Caesar dan kemudian diintubasi dan memakai ventilator, mungkin untuk sekitar dua minggu."

Kala itu, dokter berkata padanya bahwa ia tidak dapat menjamin apakah ini akan berhasil. Ketika operasi caesar, Scott menerima anestesi umum sementara Alicia yang beratnya 5-pon 7-ons dapat diselamatkan dan langsung dikirim ke NICU.

"Kurasa aku membaik karena bayinya dalam posisi di mana dia menekan paru-paruku," kata Scott.

Ibu dan bayi itu dipisahkan selama lima hari, sampai Scott cukup pulih untuk menyusui putrinya yang prematur tetapi sehat untuk pertama kalinya.

"Itu sangat emosional ketika inkubator kecilnya didorong ke kamar perawatan saya," kata Scott.

Keduanya telah kembali ke rumah keluarga di Bronx pada 28 Maret, ketika Alicia akhirnya bertemu dengan ayah dan kakak perempuannya  Alana (9) serta Arianna (5).

"Sangat traumatis, tapi kita berhasil melewatinya," pungkas Scott.

2 dari 3 halaman

Olivia Rose Wilson

Olivia Rose Wilson, lahir pada 26 Maret 2020, di rumah sakit Mount Sinai West, Manhattan.

Di ruang operasi, ketika seorang dokter menekan pisau bedah ke perut Melanie Prudhomme, ia mencengkeram ponselnya.

Ibu usia 40 dari East Harlem ini melahirkan ketika sebagian besar rumah sakit di New York melarang pasangan memasuki ruang bersalin karena COVID-19.

Jadi dia memfilmkan operasi caesar untuk suaminya Eric Wilson (46), sehingga dia bisa melihat setiap tahap kelahiran bayi Olivia dari apartemen mereka.

"Saya bisa mendengar Eric terkesiap ketika bayi itu lahir," kata Prudhomme, seorang karyawan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang suaminya bekerja dengan para tunawisma di kota itu.

"Itu tidak sama dengan dia berada di sana secara fisik, tetapi itu adalah hal terbaik yang bisa dilakukan saat itu."

Larangan dukungan suami di ruang bersalin kemudian dicabut oleh Gubernur Andrew Cuomo dua hari setelah kelahiran Olivia. Tapi Prudhomme mengatakan proses melahirkan tetap istimewa, sama seperti kelahiran anak pertamanya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓