Sukses

PSBB di Bandung Raya Dilaksanakan Rabu 22 April, Sanksi Menanti Warga yang Bandel

Menkes Dr Terawan mengizinkan PSBB di Bandung Raya pada Rabu, 22 April 2020.

Liputan6.com, Jawa Barat - Pemerintah Jawa Barat menyatakan telah menerima surat keputusan persetujuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari Kementerian Kesehatan untuk kawasan Bandung Raya. Kawasan tersebut yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adanya keputusan Kementerian Kesehatan tersebut, total jumlah daerah yang ditetapkan statusnya PSBB adalah 10 daerah. Sebelumya, wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok serta Kabupaten dan Kota Bekasi.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi bersama para wali kota dan bupati Bandung Raya di hari Rabu kemarin. Dan kami menyepakati bahwa pelaksanaan PSBB di Bandung Raya akan dilaksanakan di minggu depan, di hari Rabu. Kurang lebih tanggal 22 April 2020," kata Kamil dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 18 April 2020. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disiapkan dengan Matang

Kamil mengaku pelaksanaan PSBB di kawasan Bandung Raya sudah sepenuhnya dipersiapkan matang. Baik secara teknis, keamanan dari kepolisian, TNI, logistik, dan lainnya.

Namun, kata Kamil, tinggal sosialiasi gencar terhadap masyarakat yang harus ditingkatkan intensitasnya selama sisa empat hari pelaksanaan PSBB. Sosialisasi itu akan dilakukan sampai dengan hari Rabu pukul 00.01 WIB, yang merupakan waktu pelaksanaan PSBB.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di Bandung Raya yang jumlahnya kurang lebih mendekati sembilan sampai 10 juta jiwa, agar melakukan adaptasi persiapan-persiapan dalam melaksanakan PSBB ini. Taati aturan yang dikeluarkan oleh wali kota dan bupati masing-masing karena jika melanggar akan ada sanksi. Salah satunya adalah surat tilang atau blanko teguran dari kepolisian kepada mereka yang melanggar aturan," ujar Kamil.

 

3 dari 4 halaman

Ada Sanksi yang Menanti

Selama berlakunya PSBB di kawasan Bandung Raya, Kamil menjelaskan akan dilakukan pula tes massal COVID-19. Tujuan PSBB ucap Kamil, untuk mendisiplinkan masyarakat dan melakukan pelacakan masyarakat yang terpapar COVID-19.

Pelaksanaan PSBB di kawasan Bandung Raya hampir seupa dengan kawasan lainnya, yaitu selama 14 hari. Harapan Kamil setelah menjalani jangka waktu tersebut, status itu tidak perlu dilanjutkan ke tahap yang lebih tinggi.

"Tapi kalau kita kurang disiplin maka bukan tidak mungkin PSBB menurut peraturan dapat dilanjutkan tanpa harus ada persetujuan lagi dari Menteri Kesehatan. Jawa Barat menjadi zona terbanyak dua per tiga sebaran virus COVID, memang berada di dua zona metropolitan Bodebek dan Bandung Raya,"kata Kamil

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.