Sukses

Menkes Terawan Tetapkan Status PSBB untuk Provinsi Banten

Menyusul DKI Jakarta dan lima wilayah di Jawa Barat, Provinsi Banten juga mengajukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Liputan6.com, Jakarta Menyusul DKI Jakarta dan lima wilayah di Jawa Barat, Provinsi Banten juga mengajukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto telah menetapkan status PSBB bagi provinsi tersebut.

Mengutip laman Sehat Negeriku, ada tiga wilayah di Banten yang diberlakukan status PSBB yakni Kabupaten dan Kota Tangerang, serta Kota Tangerang Selatan guna mempercepat penanganan COVID-19.

Berdasarkan data yang diajukan, terjadi peningkatan dan penyebaran kasus COVID-19 yang signifikan di wilayah-wilayah tersebut. Dengan melihat kajian epidemiologi serta pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya, Menkes memutuskan perlu dilaksanakan PSBB.

"PSBB di Banten perlu diterapkan mengingat peningkatan kasus dan penyebaran virus meningkat signifikan," ujar Terawan di Gedung Kemenkes, Minggu (12/4).

Dengan ditetapkannya status PSBB di Banten maka Pemerintah setempat wajib melaksanakan aturan secara konsisten. Pemerintah daerah juga wajib mensosialisasikan serta mendorong masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Status PSBB tersebut dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini