Sukses

Tips Cegah Kacamata Berembun Saat Pakai Masker

Pemerintah telah menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker kain untuk menghindari penyebaran Covid-19. Dan orang-orang pun kini mengikuti anjuran tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker kain untuk menghindari penyebaran Covid-19. Dan orang-orang pun kini mengikuti anjuran tersebut.

Namun, kini masalahnya adalah, saat Anda menggunakan kacamata dan memakai masker dalam waktu lama, terutama saat hujan, uap napas Anda akan tertahan dan menutupi kacamata. Karena hal ini sangat mengganggu, ada beberapa tips mencegah uap yang menghalangi pandangan Anda.

1. Melipat masker

Dilansir dari Men's Health, Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo sangat fokus akan hal ini karena bisa mengganggu pandangan.

Mereka merekomendasikan untuk menggunakan tisu di dalam masker. Tisu ini menyerap kelembaban yang tertahan di antara hidung Anda, sehingga menyebabkan lembab dan uap menutupi kaca mata Anda.

Selain itu, Departemen Kepolisian juga menyarankan untuk melipat sedikit bagian atas masker ke dalam untuk lapisan ekstra.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Mencuci kacamata dengan sabun

Dalam sebuah jurnal medis 2011, peneliti mencatat, dokter yang kacamatanya berkabut karena menggunakan masker bedah bisa diatasi dengan mencuci kacamata dengan sabun sebelum oeprasi.

“Sebelum mengenakan masker wajah, cuci kacamata dengan air sabun. Kemudian, biarkan kacamata mengering atau dengan lembut lap dengan tisu sebelum mengenakannya kembali. Sekarang lensa kacamata tidak akan berkabut saat masker wajah dikenakan,” tulis peneliti yang dirilis di jurnal Annals of The Royal College of Surgeon of England, dikutip Huffingtonpost.

Sabun meniggalkan laipisan yang mengurangi embun dari uap napas Anda. Para perenang selalu menggunakan metode ini. Mereka biasanya menggunakan shampo bayi untuk mencuci kacamata untuk mencegah embun yang menghalangi pandangan mereka. 

Apa pun metode yang Anda coba, ingatlah bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan masker hanya efektif jika digunakan dalam kombinasi dengan cuci tangan yang sering dan tepat. Dan jika Anda mengenakan masker, Anda harus tahu cara menggunakannya dan membuangnya dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini