Cegah COVID-19 Menyebar, WHO Kini Dorong Semua Orang Pakai Masker

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 05 Apr 2020, 14:53 WIB
Diperbarui 05 Apr 2020, 14:53 WIB
Kampanye Lawan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Demi mencegah penyebaran virus Corona COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini mendorong semua orang memakai masker. Sebelumnya, WHO merekomendasikan, hanya orang yang sakit, bergejala atau berisiko terpapar virus yang boleh menggunakan masker.

Bahwa penggunaan masker bedah khususnya untuk para profesional medis. Namun, pandangan WHO berubah tatkala penelitian terbaru menunjukkan, efek positif memakai masker dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Apalagi lebih banyak pemerintah di Eropa yang mengharuskan warganya untuk menutupi hidung dan mulut di depan umum.

"Kita tentu melihat keadaan penggunaan masker, baik buatan sendiri maupun masker kain, di tingkat masyarakat dapat membantu cegah penyebaran virus Corona," jelas Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Michael Ryan, dikutip South China Morning Post, Minggu (5/4/2020).

"Mungkin ada situasi saat pemakaian masker dapat mengurangi tingkat infeksi. Kami akan mendukung pemerintah yang ingin melakukan pendekatan penggunaan masker kepada seluruh warga dan yang memasukkan itu sebagai upaya dari strategi komprehensif untuk mengendalikan Corona."

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Dipakai Saat di Tempat Umum

Relawan Bagi-Bagi Masker ke Pengguna Jalan
Relawan membagikan masker kepada pengguna jalan di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Sebanyak 3.000 masker dibagikan secara gratis sebagai salah satu bentuk keprihatinan sekaligus berpartisipasi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penggunaan masker yang ditujukan kepada semua orang mulai diterapkan negara-negara di dunia. Hanya dalam sekitar seminggu terakhir, Austria, Slovakia, dan Republik Ceko memperkenalkan, persyaratan bagi orang-orang untuk mengenakan masker di tempat-tempat umum, seperti supermarket.

Pada Rabu, 1 April 2020, California menjadi negara bagian Amerika Serikat yang pertama menawarkan pedoman resmi untuk warganya. Bahwa setiap orang harus mengenakan masker supaya membantu menahan penyebaran virus Corona.

Sejumlah negara bagian dan kotamadya lain di Amerika Serikat pun telah melakukan hal serupa.

Pada Jumat, 3 April 2020, sekelompok peneliti Universitas Hong Kong menerbitkan sebuah artikel di jurnal Nature. Hasil penelitian menemukan, masker bedah dapat mencegah penularan virus Corona manusia dan virus influenza dari orang yang bergejala.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓