Sukses

3 Jenis Masker yang Bisa Digunakan untuk Cegah Penularan Covid-19

Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyampaikan tiga macam golongan masker yang bisa digunakan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyampaikan tiga macam golongan masker yang bisa digunakan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

1. Masker Kain

"Masker ini bisa digunkan oleh masyarakat umum saat berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain," ujarnya, dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

Menurut Wiku, masker kain dibuat dari minimal tiga lapis kain. "Masker ini ketika basah bisa diganti."

2. Masker Bedah

Masker ini diperuntukkan hanya untuk tenaga kesehatan atau orang yang sakit. 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Masker N95

Masker ini digunakan untuk tenaga medis yang menangani pasien dengan risiko infeksi tinggi. Termasuk dokter dan perawat gigi yang bersinggungan langsung dengan pasien Covid-19.

"Kami mengetahui, ada tenaga dokter dan perawat gigi yang telah gugur maka dari itu disarankan untuk menggunkaan masker N95 ini. Sementara tenaga medis yang tidak berisiko tinggi dan tidak sakit, bisa menggunakan masker bedah," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.