Sukses

Mayoritas Pasien Positif COVID-19 di RSHS Berusia Diatas 50 Tahun

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan mayoritas pasien yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 berusia diatas 50 tahu

Liputan6.com, Bandung Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan mayoritas pasien yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 berusia diatas 50 tahun. Untuk total pasien yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 di RSHS, pada hari mencapai 18 orang.

Menurut Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Bandung M. Kamaruzzaman, umumnya para pasien positif COVID-19 tersebut memiliki penyakit penyerta atau penyakit kronis. Paling banyak berdasarkan data sebut Kamaruzzaman, pasien merupakan penderita hipertensi dan diabetes.

"Oleh karena itu kami mengimbau kepada masyarakat, untuk menjaga dan melindungi orang tua kita. Dengan cara, bagi mereka yang masih beraktifitas di luar apabila kembali ke rumah, untuk selalu menjaga jarak, gunakan masker dan lindungilah mereka yang punya risiko tinggi, termasuk orang tua kita," kata Kamaruzzaman dalam keterangan resminya, Bandung, Kamis, 2 April 2020.

Kamaruzzaman meminta masyaraka apabila tidak ada keperluan yang mendesak, sebaiknya tetap berada di rumah. Namun apabila penting untuk bepergian beraktifitas, diminta menggunakan masker, melakukan physical distancing dan social distancing.

Selain itu, ucap Kamaruzzaman, masyarakat agar selalu menjauhi kerumunan dan selalu menjaga kesehatan dengan selalu mencuci tangan. Berdasarkan data terakhir dari rumah sakit rujukan infeksi COVID-19 di Jawa Barat tersebut, total pasien dengan pengawasan (PDP) sampai hari ini mencapai 100 orang.

"Untuk PDP yang baru hari ini berjumlah empat orang sehingga total PDP sejak akhir Februari sampai hari ini berjumlah 100 orang. Total PDP yang dirawat hari ini berjumlah 47 orang. Sebanyak 26 diantaranya masih menunggu swab, sedang yang sudah terkonfirmasi positif berjumlah 18 orang," ucap Kamaruzzaman.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 PDP Sembuh

Kamaruzzaman menyebutkan satu orang PDP negatif dan sudah sembuh dan diperbolehkan untuk pulang. Sedangkan PDP yang meninggal hari ini berjumlah dua orang. Sehingga total PDP meninggal sampai hari ini berjumlah 19 orang.

RSHS juga melayangkan sanggahan atas informasi adanya penumpukan jenazah, akibat adanya penolakan dari warga di tempat pemakaman umum (TPU) setempat. Alasannya adanya bantuan dari seluruh pimpinan otoritas di Jawa Barat, seluruh jenazah CVID-19 sudah dapat dimakamkan dengan baik.

"Memang beberapa hari kemarin, kami mendapatkan penolakan terkait dengan penguburan jenazah dan dikhawatirkan oleh mereka bahwa jenazah itu dapat menularkan. Sekali lagi kami sampaikan, bahwa RSHS sudah melakukan penanganan yang sesuai dengan prosedur yang sangat ketat," jelas Kamaruzzaman.

Prosedur tersebut tidak memungkinkan terjadinya penularan, baik kepada lingkungan maupun kepada masyarakat yang berada di sekitar pemakaman. Oleh karena itu RSHS menghimbau agar masyarakat dapat menerima jenazah-jenazah yang memang sudah selayaknya untuk dikuburkan di pemakaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini