Sukses

Jumlah Pendaftar Relawan COVID-19 Capai Angka 15.250 Orang

Koordinator Relawan Gugus Tugas COVID-19 melaporkan total relawan yang mendaftar mencapai 15.250 orang. 2.529 di antaranya relawan medis dan 12.721 relawan non-medis.

Liputan6.com, Jakarta Koordinator Relawan Gugus Tugas COVID-19 melaporkan total relawan yang mendaftar mencapai 15.250 orang. 2.529 di antaranya relawan medis dan 12.721 relawan non-medis.

Relawan medis didominasi oleh perawat dengan jumlah 1.227 orang. Dari jumlah tersebut dilakukan seleksi dan medical check up oleh Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM).

Hasilnya, 222 perawat terpilih dan sudah bertugas menjadi relawan.  Sedang, perawat lainnya sedang menjalani medical check-up sebelum ditempatkan.

“Sejak awal kami dari tim koordinator relawan tidak pernah ragu soal kedermawanaan bangsa ini,” ujar Andre dalam konferensi pers di BNPB Jakarta, Kamis (2/4/2020).  

Para relawan medis akan diberi insentif tunai sebagai tambahan dari insentif pemerintah. Insentif ini diambil dari dana bantuan perusahaan-perusahaan.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Relawan Non Medis

Untuk membantu memutus rantai penyebaran COVID-19, gugus tugas sedang membuat konsep kesiagaan komunitas di tingkat daerah. Komunitas ini dibentuk untuk relawan non medis agar bisa membantu warga yang terdampak baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

“Peran relawan menjadi sangat penting hingga ke tingkat RT,” tambah Andre.

Menurut Andre, prosedur ini akan dikirimkan kepada relawan non-medis pada pekan depan. Sedang, minggu ini gugus tugas sudah menyalurkan bantuan ke rumah sakit dan 44 puskesmas sebagai garda terdepan penanganan COVID-19.

“Bantuan yang kami salurkan berupa susu, vitamin, dan minuman isotonic untuk menjaga energi dan imunitas tenaga kesehatan yang ada di gugus terdepan.”

Bagi organisasi atau lembaga kesehatan yang membutuhkan relawan non medis bisa menghubungi desk relawan di website BNPB. Andre mengimbau para relawan untuk melaporkan kegiatan yang telah dilakukan para relawan di portal desk relawan agar bisa terkoordinasi dan bersinergi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.