Sukses

Bilik Disinfektan Tak Dapat Bunuh Virus Dalam Tubuh, Ini Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan

Salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 adalah disediakannya bilik disinfektan di berbagai fasilitas umum. Namun, bilik disinfektan ternyata memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 adalah disediakannya bilik disinfektan di berbagai fasilitas umum. Namun, bilik disinfektan ternyata memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Hal ini diungkap oleh Dr. Inolyn Pandjaitan, Direktur Medik RS PGI Cikini. Menurutnya, bilik disinfektan banyak diinstal di bagian depan gedung-gedung di Jakarta dan kota besar di Indonesia. Tujuannya untuk menurunkan transmisi virus corona.

“Tapi jika dilihat dari rekomendasi WHO (World Health Organisation) bilik disinfektan ini tidak bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh kita,” ujar Inolyn dalam video wawancara yang diterima liputan6.com, Selasa (31/3/2020).

Ia menambahkan, penyemprotan disinfektan ke tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Terutama pada mata dan mulut.

“Bahkan, ada risiko berbahaya karena klorin atau etanol yang disemprotkan itu kalau terkena mata atau mulut bisa merusak.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiat Aman Turunkan Transmisi COVID-19

Inolyn memberikan kiat-kiat untuk menurunkan transmisi COVID-19 dengan cara yang aman. Ia merekomendasikan kiat sesuai rekomendasi WHO.

Baginya, yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan. Menjalankan gaya hidup bersih dan sehat juga dapat dilakukan.

Hal lainnya, fisical distancing dengan jarak aman lebih dari satu meter atau dua meter. Penggunaan masker yang sesuai saat keluar rumah juga dianjurkan.

“Bagaimana caranya untuk mengurangi transmisi virus corona, yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan, fisical distancing satu sampai dua meter, gunakan masker yang sesuai. Kalau pulang dari keramaian atau tempat berisiko tinggi, langsung mandi dan  ganti baju , itu sesuai rekomendasi WHO,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.