Sukses

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Siapkan 100 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Dansatgas Kesehatan Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet mengatakan RSD ini dilengkapi 100 tempat tidur perawatan. Sebelumnya, rumah sakit yang dibuka khusus untuk penanganan pasien COVID-19 ini sudah dilengkapi dengan ruang-ruang isolasi.

Liputan6.com, Jakarta Brigjen TNI DR Agung H, Dansatgas Kesehatan Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet mengatakan RSD ini dilengkapi 100 tempat tidur perawatan. Sebelumnya, rumah sakit yang dibuka khusus untuk penanganan pasien COVID-19 ini sudah dilengkapi dengan ruang-ruang isolasi.

"Kami ingin menginformasikan sebenarnya rumah sakit darurat ini adalah rumah sakit dengan isolasi dan karantina untuk pasien corona yang mempunyai fasilitas 100 tempat tidur perawatan. Ada IGD dan layanan diagnostik juga," ujar Agung pada Jumat (27/3/2020) seperti dikutip dari Antara.

Agung menambahkan, pihaknya terus memperbaiki berbagai aspek untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien COVID-19. Peningkatan ini terutama dalam aspek pelayanan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola Penerimaan Pasien

Pemilihan dua triase dilakukan sebagai pola penerimaan pasien COVID-19. Pasien pengantar lewat triase sebelah kiri karena mereka adalah ODP yang berdekatan dengan pasien positif.

"Ketika pasien masuk UGD diperiksa lalu kami lakukan perawatan. Bila dibutuhkan perawatan intensif, kami tempatkan di lantai dua. Bila tidak, kami tempatkan di hunian lantai empat sampai 32."

Masing-masing lantai memiliki 32 unit hunian untuk pasien, tambah Agung. Setiap kamar memiliki dua tempat tidur. Di setiap lantai disediakan tiga perawat yang siap siaga 24 jam.

"Sehingga bila ada keluhan, pasien diharapkan menghubungi perawat tersebut kemudian menjalani pemeriksaan, perawat akan memanggil dokter ke unit tersebut. Satu hunian disiapkan ruang periksa dan satu hunian untuk perawat. Jadi total 34 unit," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.