Sukses

RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Catat 342 Kunjungan, 274 Diisolasi

RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet melaporkan sudah ada 342 kunjungan ke fasilitas kesehatan tersebut

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 342 orang telah mengunjungi Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran Jakarta. Data ini tercatat hingga hari Jumat (27/3/2020).

Dansatgas Kesehatan RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Brigjen Agung Hermawanto mengatakan bahwa mereka yang menjalani isolasi dan karantina ada 274 orang.

"Yang kami rujuk karena keadaannya sakit yang sedang sampai berat, ada empat orang sampai hari ini," kata Agung dalam konferensi persnya.

Agung mengatakan, Orang dalam Pemantauan (ODP) yang datang dan dalam keadaan baik serta sanggup melakukan isolasi mandiri akan mendapatkan penjelasan dari pihak rumah sakit akan diperbolehkan pulang untuk melaksanakan kewajibannya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan oleh Dokter

Dikutip dari Merdeka, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono mengungkapkan bahwa dari 274 orang yang dirawat, ada 28 yang positif COVID-19.

"Positif corona 28 orang, PDP (Pasien dalam Pengawasan) 208 orang dan ODP 38 orang," kata Yudo menambahkan.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan mereka yang boleh pulang dari perawatan di Wisma Atlet adalah yang sudah mendapatkan pemeriksaan oleh dokter. Namun, hingga saat ini, belum ada yang diizinkan meninggalkan RS Darurat.

"Untuk saat ini yang akan pulang setelah kita lakukan pemeriksaan, boleh pulang. Karena dari anamnesa ini kita sudah bisa memperkirakan berapa hari mereka sudah kontak sehingga dokter spesialis paru yang bisa memulangkan beliau," ujarnya.

"Sampai hari ini belum ada. Jadi bisa saja mungkin rumah sakit ini belum buka 14 hari sudah memulangkan pasien dikarenakan memang berdasarakan anamnesa dan riwayatnya lebih dari 14 dan kita lakukan pemeriksaan oleh dokter paru dinyatakan sudah baik dan bisa pulang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.