Sukses

Dokter Jantung Vito Damay Bagi Tips Jaga Imunitas untuk Cegah COVID-19

Dokter Vito A Damay punya cara jaga imunitas diri sendiri di tengah wabah Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah merebaknya Corona COVID-19, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay punya cara menjaga imunitas diri sendiri. Sebagai dokter yang melayani pasien dengan penuh kasih, Vito harus tetap sehat.

Upaya tersebut juga demi perlindungan terhadap keluarganya di rumah. Ia tak ingin virus dan bakteri yang melekat pada pakaian kerjanya menular kepada istri dan anaknya.

"Saya menjaga diri selama wabah Corona dengan mandi dan keramas dulu setiap kali masuk rumah. Akhirnya, saya lama-lama terbiasa langsung mandi dulu. Yang pasti sebelum peluk dan cium anak dan istri," tutur dokter Vito saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui pesan singkat, ditulis Rabu (25/3/2020).

"Nah, baju yang habis dipakai dari rumah sakit langsung dimasukkan ke dalam ember yang berisi air deterjen."

Vito juga memperbanyak makan protein, seperti daging dan ikan serta minum vitamin C. Tak lupa, dokter yang populer sebagai pembicara dan moderator di layar kaca ini berolahraga di pagi hari sebelum bekerja.

"Saya minum vitamin C, banyak makan protein, dan olahraga pagi hari," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ponsel dan Pulpen Dibasuh Alkohol

Agar tidak terjadi penularan bakteri dan virus dari benda, ponsel dan pulpen yang digunakan Vito dibasuh alkohol. Kebiasaan ini dilakukan di rumah.

"HP dan pulpen saya basuh dengan alkohol dulu, kalau dibawa masuk rumah. Kadang kita lupa main HP sehabis cuci tangan. Padahal, virus sudah ada di sana dan masih bertahan. Bayangkan, kalau kita sentuh anak istri kita setelah main  HP di rumah," tambah dokter yang sehari-hari berpraktik di Siloam Hospital Lippo Village, Karawang, Tangerang.

Sepulang dari rumah sakit, Vito memanfaatkan waktu untuk tidur atau mengobrol bersama istri dan main dengan anak.

"Jaga-jaga kalau malam-malam ada emergensi dan harus ke rumah sakit. Tujuan tidur supaya cukup istirahat dan waktu juga cukup untuk keluarga," Vito menerangkan. 

Untuk asupan minuman, Vito kadang konsumsi minuman jahe, tiga hari sekali.

"Tiap hari makan aneka buah, enggak cuma satu. Itu pasti rutin," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini