RS Hasan Sadikin Rawat 11 Pasien Positif COVID-19

Oleh Arie Nugraha pada 25 Mar 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 09:00 WIB
Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan tengah merawat 11 pasien dengan pengawasan (PDP) yang positif terpapar virus corona COVID-19. Jumlah itu merupakan jumlah akumulasi seluruh pasien positif COVID-19 dari hari kemarin.

Menurut Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung M. Kamaruzzaman, berdasarkan hasil dari laboratorium pada hari ini, lima pasien di ruang isolasi dinyatakan positif terpapar COVID-19. Sementara sisanya, telah diketahui hasil laboratorium sejak beberapa waktu lalu.

"Mereka yang positif terdiri dari enam laki - laki dan lima orang perempuan. Dari enam laki - laki yang termuda berusia 24 tahun kemudian 32 tahun, 49 tahun, 53 tahun, 57 tahun dan 61 tahun. Yang perempuan termuda berumur 30 tahun kemudian 39 tahun, 43 tahun, 59 tahun dan 61 tahun," kata Kamaruzzaman di RS Hasan Sadikin, Bandung, Selasa, 24 Maret 2020.

Kamaruzzaman mengatakan sedangkan 13 orang PDP yang tengah dirawat di ruang isolasi, masih belum terbit hasil pemeriksaannya dari laboratorium. Seluruh PDP tersebut masih dapat tertampung dan terlayani, diseluruh ruang isolasi yang ada seperti di Ruang Isolasi Khusus Kemuning (RIKK), Ruang MDR Kemuning dan ruang isoalsi Instalagi Gawat Darurat (IGD).

 

2 dari 3 halaman

APD cukup untuk 10 hari kedepan

RSHS
Petugas ruangan isolasi penyakit infeksi menular khusus tengah mengecek peralatan pelindung untuk mengantisipasi adanya pasien terpapar virus corona ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat, 24 Januari 2020. (Foto: Liputan6.com/Arie Nugraha).

Ketersediaan alat pelindung diri (APD) sendiri, jelas Kamaruzzaman, dianggap masih mencukupi sampai dengan 10 hari mendatang. Asalkan tidak ada peningkatan jumlah pasien yang dirujuk ke rumah sakit rujukan infeksi khusus nasional tersebut.

Sedangkan soal informasi terkait bayi 1,5 bulan yang sempat diinformasikan positif di RS Hasan Sadikin, disebutkan oleh Kamaruzzaman telah dilakukan lagi swab dan hasilnya negatif. Sementara untuk dua orang yang meninggal beberapa waktu lalu di RS Hasan Sadikin, hasil pemeriksaan swab pada hari ini sudah keluar dengan keterangan terkonfirmasi positif terpapar COVID-19. Kedua pasien tersebut adalah laki-laki.

"Laki - Laki berusia 69 tahun, meninggal pada 21 Maret 2020 pukul 12.05 WIB. Satu orang lagi pasien laki-laki berusia 47 tahun, meninggal pada 22 Maret 2020 pukul 15.45 WIB," ujar Kamaruzzaman.

RS Hasan Sadikin Bandung mengaku adanya penambahan pasien berstatus orang dalam pengawasan (ODP) baru sebanyak 33 orang. Sehingga total ODP yang diterima oleh rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan tersebut berjumlah 255 orang

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓