Sukses

Positif Covid-19, Wakil Wali Kota Bandung Unggah Video di IG

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan telah psoitif terpapar COVID-19.

Liputan6.com, Bandung Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan telah positif terpapar COVID-19. Hal itu dikatakan oleh Yana melalui video yang diunggah di akun media sosial instagram pribadinya @kangyanamulyana.

Yana mengaku berdasarkan hasil laboratorium yang telah diterimanya, diketahui virus SARS-CoV-2 telah menyerang dirinya. Kini Yana sedang menjalani isolasi di rumah sakit di Kota Bandung.

"Saya Yana Mulyana Wakil Wali Kota Bandung, setelah mengalami demam dan melakukan tes corona atau Covid, beberapa hari yang lalu. Dan hari ini hasilnya telah keluar dan dinyatakan saya positif Corona Covid 19. Oleh karena itu saya melakukan isolasi dan insyaallah mohon doa dari semua. Terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh," kata Yana dalam videonya, Bandung, Senin, 23 Maret 2020.

Sebelumnya pada hari Jumat, 20 Maret 2020, health-liputan6.com sempat menkonfirmasi langsung soal kesehatan kepada Yana Mulyana. Yana mengaku kondisinya sedang tidak sehat.

Yana meminta doanya kepada warga masyarakat terkait kondisinya pada waktu itu. Di hari yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita dikonfirmasi soal gangguan kesehatan yang diderita oleh Wakil Wali Kota tersebut.

"Iya lagi sakit. Sakit biasa kayaknya bukan COVID-19. Belum ada hasilnya," kata Rita pada Jumat, 20 Maret 2020.

Belum diketahui asal paparan COVID-19 yang diderita Yana Mulyana. Sebelumnya, Yana Mulyana menghadiri acara HImpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Kota Karawang tanggal 9 Maret 2020.

Dalam acara HIPMI di Karawan tersebut, diduga beberapa pejabat yang hadir disana terpapar COVID-19 dan kini tengah dirawat. Pada tanggal 13 Maret 2020 lalu, sepulang dari Karawang, Yana meninjau kesiapan Rumah Sakit KEluarga Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung pada pandemi COVID-19.

Yana Mulyana merupakan pejabat pertama di Bandung yang menyatakan dirinya positif terpapar COVID-19 saat sedang dilakukannya isolasi. Karena saat ini, dari berbagai informasi yang belum terkonfirmasi, dikabarkan banyak pejabat dan staf khusus kepala daerah yang terpapar COVID-19.

Langkah Yana mengunggah video tersebut, dapat memudahkan pelacakan orang - orang yang melakukan kontak dengannya. Hal itu guna memutuskan mata rantai penyebaran.

Simak Video Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.