Sukses

Sudah Ada 125 Ribu Kit Rapid Test Corona COVID-19

Ada 125.000 kit rapid test untuk tes Corona massal yang akan dibagikan.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan, sudah ada 125.000 kit untuk rapid test Corona COVID-19. Kit tersebut sebagai alat skrining Corona massal, apakah gejala seseorang mengarah pada Corona atau tidak.

"Untuk rapid test, saat ini sudah ada 125.000 kit. Nah, kit akan dibagikan hari ini (dikirimkan ke dinas kesehatan provinsi)," ujar Yurianto saat konferensi pers secara Live di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).

"Kemarin-kemarin sudah dilakukan juga skrining menggunakan kit rapid test ini. Hasilnya, ada yang mendapatkan beberapa hasil positif. Untuk hasil negatif juga ada banyak.

"Rapid test menggunakan sampel darah yang diambil. Hasil dari skrining rapid test memang cepat, hanya memakan waktu kurang dari 2 menit.

"Perlu dipahami bersama bahwa hasil negatif tidak memberikan jaminan bahwa yang bersangkutan tidak sedang sakit. Ini karena tidak setiap infeksi virus pada hari yang sama langsung muncul (gejalanya)," lanjut Yuri.

"Oleh karena itu, langkah yang harus dilakukan adalah pemeriksaan ulang setelah hari ke-7 sampai hari ke-10."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.