Sukses

Relawan COVID-19 Diharapkan Dukung Tenaga Medis di Garda Depan

Relawan COVID-19 ini diharapkan dapat mendukung tenaga medis di garda depan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian menerangkan, kebutuhan relawan COVID-19 diharapkan dapat mendukung tenaga medis di garda depan. Tenaga dari relawan medis yang akan ditempatkan di rumah sakit juga untuk menjaga ketahanan dan kelangsungan pelayanan menangani COVID-19.

"Relawan medis juga untuk mendukung pelayanan di rumah sakit. Hal ini diperlukan demi menjaga ketahanan dan kelangsungan pelayanan COVID-19 tenaga medis di garda terdepan," jelas Andre saat konferensi pers secara Live di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Selain itu, relawan COVID-19 dapat berperan serta menyalurkan kebutuhan logistik yang sangat penting untuk tenaga medis.

"Tenaga medis harus kita support baik dari segi makanan dan vitamin. Yang pasti fungsi dan konsentrasinya menyasar membantu penanganan tenaga medis, baik di rumah sakit rujukan maupun di rumah sakit darurat," lanjut Andre.

Untuk penerimaan relawan COVID-19 yang menyalurkan bantuan maupun tenaganya membantu penanganan COVID-19, diutamakan berlatar belakang bidang medis, dari perguruan tinggi dan mahasiswa tingkat akhir.

Seseorang di luar bidang medis yang ingin ikut memberi bantuan pun dapat mendaftar, nantinya disesuaikan fungsi dan kinerjanya. Kabar pendaftaran relawan akan segera dipublikasikan di situs resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.