Sukses

Siap Hadapi Virus Corona dengan Tingkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kebersihan diri merupakan hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Liputan6.com, Jakarta Setelah dinyatakan sebagai pandemi pada 19 Maret lalu oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus dengan nama resmi COVID-19 ini berhasil memunculkan kepanikan di kalangan masyarakat. Padahal, dengan diresmikan sebagai pandemi, diharapkan negara-negara bisa lebih agresif mengambil tindakan pencegahan dan perawatan. Oleh karena itu, WHO menghimbau agar masyarakat global tetap tenang dan tidak panik dalam situasi ini.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Immune Deficiency Foundation, virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan serta mudah ditularkan melalui kontak perorangan. Selain itu, orang dengan imunitas rendah juga berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Oleh karena itu, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kebersihan diri merupakan hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah penularan virus corona. Berikut adalah 5 langkah yang bisa kamu lakukan agar siap menghadapi virus corona:

1. Diet Sehat

Menerapkan pola makan sehat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk sayuran hijau (paprika, brokoli, dan bayam), produk susu, buah kiwi, lemon dan jeruk, serta kacang-kacangan, seperti almond dan jambu mete, yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan setengah matang atau mentah. Diet seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta minum cukup air, sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Olahraga yang Teratur

Olahraga dapat membantu kamu meningkatkan imunitas tubuh serta membuat tulang sehat dan kuat. Aktivitas fisik dinilai dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara. sehingga dapat mengurangi kemungkinan terkena flu atau penyakit lainnya.

Olahraga menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih (WBC). WBC adalah sel sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit. Antibodi atau sel darah merah ini bersirkulasi lebih cepat, sehingga mereka dapat mendeteksi penyakit lebih awal daripada sebelumnya. Kenaikan singkat suhu tubuh saat olahraga dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Kenaikan suhu ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dengan lebih baik. Kemudian, tidak kalah pentingnya, olahraga memperlambat pelepasan hormon stres.

3. Rajin Cuci Tangan

Salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi “sarang” virus adalah telapak tangan. Maka dari itu, disarankan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut terlalu sering. Sebab, hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung, atau mulut yang kemudian masuk ke dalam tubuh dan membuat sakit.

Rutin mencuci tangan dengan benar bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman dan virus yang mungkin ada di tangan, termasuk virus corona. Biasakan untuk mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan menggunakan air bersih dan sabun atau cairan berbasis alkohol.

Untuk menghindari penularan virus, disarankan juga untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan pastikan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Apabila mengalami gejala seperti batuk atau bersin biasakan untuk menutup mulut dan hidung. Setelah itu, buang tisu bekas batuk atau bersin ke tempat sampah. Ingat untuk selalu gunakan masker apabila sakit untuk melindungi orang-orang di sekitar kamu.

4. Ke Dokter saat Muncul Gejala

Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala, seperti demam, batuk, serta kesulitan bernapas. Pemerintah Indonesia sudah menunjuk sejumlah rumah sakit rujukan corona. Jika memungkinkan, kamu disarankan untuk melakukan panggilan telepon terlebih dahulu untuk mencari tahu informasi lengkap terkait rumah sakit yang dituju.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Mengonsumsi Vitamin C

Sistem kekebalan yang kuat dapat mengurangi risiko terinfeksi virus dan bakteri. Sistem kekebalan tubuh dapat membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh virus juga mempercepat proses pemulihan setelah infeksi. Namun, perlu diketahui jika sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda. Faktor-faktor, seperti usia, kebiasaan makan, dan gaya hidup sangat memengaruhi.

Rutin mengonsumsi vitamin C menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Kamu bisa membeli suplemen Vitamin C yang kamu butuhkan di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, vitamin ataupun segala kebutuhan suplemen kamu akan langsung diantar ke tempat tujuan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.