Sukses

Usai Ambruk karena Kelelahan Menangani COVID-19, Menkes Belanda Mengundurkan Diri

Menkes Belanda dikabarkan mundur karena tak tahan secara fisik menghadapi krisis COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Belanda Bruno Bruins menyatakan mundur dari jabatannya usai sehari sebelumnya, pingsan akibat kelelahan karena penanganan COVID-19.

Dalam pernyataannya, Bruins mengatakan bahwa fisiknya sudah tidak mampu menjalankan tugasnya untuk menangani COVID-19. Menurutnya, situasi yang dihadapinya setara dengan olahraga profesional tingka tinggi.

"Saya telah menyimpulkan bahwa tubuh saya tidak bisa lagi menangani karena kelelahan," kata Bruins seperti dikutip dari NL Times pada Jumat (20/3/2020).

Sementara itu, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan bahwa Bruins mundur karena dia tidak tahu kapan dirinya pulih setelah pingsan beberapa waktu yang lalu.

"Sifat krisis yang sedemikian rupa menuntut seorang menteri yang siap untuk bekerja dengan kecepatan penuh," kata Rutte dalam konferensi persnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Ambruk di Tengah Debat

Untuk sementara, Wakil Perdana Menteri Hugo de Jonge akan mengambil alih tugas Bruins sebagai pengganti menteri kesehatan hingga ada penggantinya.

Dikabarkan, Bruins sempat ambruk di tengah debat parlemen terkait COVID-19 pada Rabu lalu. Dia mengatakan, kondisi tersebut karena kerja kerasnya selama berminggu-minggu.

Ketika pingsan di balik mimbar pembicara, dia harus dibantu berdiri oleh rekan-rekannya dan sempat diberikan sedikit air. Dalam sebuah video yang beredar, Bruins meninggalkan ruangan tanpa bantuan.

"Saya merasa sakit karena kelelahan dan minggu-minggu yang intens. Saya merasa lebih baik saat ini. Saya akan pulang saat ini untuk istirahat malam sehingga saya bisa kembali esok untuk melawan krisis corona," katanya tak lama setelah itu seperti dikutip dari Straits Times.

Namun pada hari Kamis kemarin waktu setempat, Bruins akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.