Sukses

KlikDokter Luncurkan Fitur Digital Periksa Mandiri COVID-19 Gratis, Langkah Pertama Sebelum ke Rumah Sakit

Fitur pemeriksaan risiko COVID-19 adalah fitur untuk pengecekan gejala-gejala yang dirasakan sebelum mendatangi rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Peningkatan jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Hingga 19 Maret 2020, tercatat 309 pasien terkonfirmasi COVID-19, 15 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Kondisi tersebut membuat masyarakat berbondong-bondong memeriksakan diri ke dokter demi memastikan tidak tertular Virus Corona baru.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI menunjuk KlikDokter yang merupakan anak usaha PT Kalbe Farma Tbk untuk ikut mengedukasi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang benar terkait COVID-19. Salah satu bentuknya melalui layanan fitur digital pemeriksaan mandiri, informasi seputar COVID-19, dan layanan konsultasi online oleh dokter. 

"Di tengah pandemi COVID-19 yang baru muncul, saat ini, wajar bila banyak masyarakat yang bingung dengan berbagai informasi yang beredar. Namun penting agar masyarakat dapat berpikir positif dan memiliki pemahaman yang baik mengenai COVID-19," tutur Direktur Utama KlikDokter Dino Bramanto melalui siaran pers yang diterima Health-Liputan6.com.

Fitur pemeriksaan risiko COVID-19 adalah fitur untuk pengecekan gejala-gejala yang dirasakan sebelum mendatangi rumah sakit. Fitur ini dapat diakses secara gratis dan diluncurkan guna mengedukasi masyarakat terkait corona.

Fitur ini dapat dijadikan langkah pertama pengecekan gejala infeksi Corona COVID-19 sebelum pergi ke rumah sakit. Fitur dapat diakses secara gratis di alamat https://www.klikdokter.com/pages/cek-virus-corona.

Menurut Dino, fitur pemeriksaan risiko virus corona COVID-19 yang dihadirkan KlikDokter dapat membantu masyarakat untuk melakukan deteksi awal. 

“Dokter-dokter kami juga siap 24 jam melayani pertanyaan dan konsultasi secara online dan gratis guna membantu khalayak luas. Kami berharap kontribusi dari kami bisa berguna bagi masyarakat,” ujar Dino.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menggunakan Fitur

Untuk melakukan pengecekan gejala melalui fitur ini, pengguna dapat mengklik laman KlikDokter dan mengikuti panduan yang tersedia sesuai kebutuhan.

Dalam alamat tersebut pengguna dapat memeriksa gejala, mencari informasi, dan memberikan pertanyaan terkait COVID-29. Bila pengguna memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, terdapat informasi rumah sakit rujukan dan hotline virus corona COVID-19 yang juga dapat ditemukan dalam fitur tersebut.

KlikDokter mengimbau masyarakat agar tidak takut dan malu untuk memeriksakan diri, jika memiliki gejala. Masyarakat diminta tidak menutupi jika pernah kontak dengan orang lain atau baru saja melakukan perjalanan dari negara yang juga terinfeksi COVID-19. Semakin cepat terdeteksi dan semakin cepat pengobatan, maka semakin besar peluang untuk sembuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.