Sukses

1 Kasus Positif Virus Corona di Indonesia Penularan Lokal, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Dari 27, 1 satu kasus positif Virus Corona di Indonesia adalah penularan lokal (local transmission)

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif Virus Corona di Indonesia per Selasa, 10 Maret 2020, bertambah sebanyak delapan kasus. Total orang yang dinyatakan positif COVID-19 pun menjadi 27 orang.

Hal ini disampaikan Juru Bicara untuk Penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, di Istana Kepresidenan pada Selasa, 10 Maret 2020, sore.

Dari tambahan kasus tersebut, lima di antaranya merupakan imported case atau penularan Virus Corona terjadi di luar negeri.

Dan, kasus positif Virus Corona nomor 27 yang diketahui seorang pria 33 tahun, warga negara Indonesia (WNI) diduga merupakan local transmission.

Yuri mengatakan kasus nomor 27 tidak berasal dari luar negeri. Yang bersangkutan pun masih belum jelas siapa saja temannya. 

"Kita juga bertanya apakah ada teman yang sakit. Kita sedang mencari siapa temannya yang positif, yang pernah akrab sama dia. Local transmission ini dari mana. Yang pasti kami masih selidiki yang menjadi local transmission-nya siapa," katanya.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Jaga Kesehatan

Meski satu kasus dinyatakan local transmission, Yuri mengimbau agar masyarakat tetap memertahankan pola hidup bersih dan sehat.

"Sebenarnya, kita mengimbau ke semuanya, baik dia ODP (orang dengan pemantauan) maupun yang bukan ODP," kata Yuri.

"Kalau lagi sakit batuk, pilek, pakai masker. Itu kuncinya. Sehingga pas bersin, virusnya tidak tersebar," Yuri menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.