Sukses

Cara Cuci Tangan Sambil Bernyanyi ala Iriana Jokowi

Dengan menggunakan lagu, Iriana Jokowi memberi panduan cara cuci tangan dengan baik kepada anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Iriana Jokowi rupanya menyampaikan cara cuci tangan dengan mendendangkan lagu. Lewat lagu, cara cuci tangan dengan benar dapat diikuti oleh anak-anak. Anak-anak bisa mudah menghapal tahapan cuci tangan. 

Cara cuci tangan nan menyenangkan tersebut diunggah di akun Instagram Presiden Joko Widodo pada Selasa (10/3/2020). Video dibuka dengan nasihat singkat dari Ibu Negara ini.

"Cuci tangan itu penting untuk mencegah datangnya penyakit," kata Iriana Jokowi.

Video memperlihatkan Iriana ikut mencontohkan cara cuci tangan kepada anak-anak sekolah. Lagu dalam video memperdengarkan langkah cuci tangan yang baik dan benar.

"Basuh air dan beri sabun. Gosok kedua telapak tangan. Gosok punggung tangan kiri dan kanan juga sela-sela jari. Ibu jari kiri gosok memutar , ibu jari kanan gosok memutar. Ujung jari putar. Keringkan, bersih kedua tangan," berikut petikan lagunya.

Anak-anak sekolah tampak antusias mencuci tangan sambil ikut menyanyikan lagunya. Mereka mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Mudah kan mencuci tangan?" tutup Iriana Jokowi dalam video.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Cuci Tangan

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), Adib Khumaidi  menulis, panduan mencuci tangan yang efektif untuk membunuh kuman, sebagai berikut:

- Basahkan kedua tangan dengan air bersih mengalir, matikan kran, lalu tuang sabun secukupnya

- Gosok kedua tangan Anda.

Pastikan Anda menggosok sela-sela jari, kedua punggung tangan, dan di bawah kuku- Kaitkan seluruh jari Anda dengan telapak saling menyentuh, dan gosok bagian dalam, bergantian dua sisi tangan Anda

- Kemudian tukar posisi.

Kaitkan jari-jari tangan kiri di atas punggung tangan kanan dan gosok bagian punggung tangan bergantian

- Gosok jempol kiri menggunakan tangan kanan dengan gerakan memutar, begitu pula sebaliknya

- Lakukan selama 20 detik selama menggosok tangan

- Bilas tangan hingga bersih dengan air yang mengalir

- Keringkan kedua tangan Anda dengan handuk bersih atau angin-anginkan

- Jika memungkinkan, matikan keran menggunakan siku atau gunakan tisu untuk menghalangi tangan Anda yang sudah bersih saat mematikan keran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.