Sukses

Cegah Perilaku Menyimpang, Berikan Apresiasi pada Anak

Agar menjauhkan anak dari perilaku menyimpang, setiap orangtua harus menjadi figur profesional.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghindari anak tidak mengarah pada perilaku menyimpang, orangtua harus menjadi orangtua yang profesional. Tidak hanya di lingkungan profesi kerja saja, melainkan di dalam rumah.

Hal tersebut merupakan pembelajaran dari kasus remaja berinisial NF (15) yang membunuh anak berinisial APA (6) di Jakarta Pusat pada Kamis (9/3/2020). Sehari-hari, NF tinggal bersama ayah dan ibu tirinya.

Tindakan NF mengarah perilaku menyimpang, yang mana ada kecenderungan psikopatik.

"Dalam kasus ini, pelakunya kan masih kategori anak. Sebagai orangtua perlu menjadi orangtua profesional. Ayah profesional, ibu profesional. Ini juga bagian dari profesi," ungkap psikolog anak Seto Mulyadi melalui siaran Live, ditulis Senin (9/3/2020).

"Jadi, bukan hanya sekadar melakukan tugas profesi di luar dan sebagainya, tapi juga di dalam keluarga. Bagaimana membangun keluarga harmonis dan saling komunikasi."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Apresiasi pada Anak

Sebagai bagian dari keluarga, orangtua juga bisa memberikan apresiasi kepada anak. Apapun yang dicapai anak, tak ada salahnya diapresiasi.

"Berikan apresiasi kepada putra dan putrinya. Itu akan memungkinkan anak tumbuh lebih positif dan optimal. Hal ini mencegah anak mengembangkan tindakan negatif (perilaku menyimpang)," ujar Kak Seto, yang juga Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Di dalam rumah juga perlu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak. Ciptakan suasana yang penuh cinta dan kasih sayang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.