Sukses

Cara Mencuci Telur dengan Benar, Bukan dengan Sabun

mencuci telur sebaiknya tidak dilakukan karena hal ini justru akan membawa masuk bakteri yang membahayakan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Sudah sewajarnya jika Anda ingin mencuci bahan makanan seperti telur sebelum memasaknya. Apalagi telur yang ada di pasaran kerap kotor karena baru diambil dari peternakan.

Namun tahukah Anda, United States Departement of Agriculture (USDA) dan ahli gizi sepakat memberikan imbauan bahwa mencuci telur sebaiknya tidak dilakukan karena hal ini justru akan membawa masuk bakteri yang membahayakan tubuh.

"Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, cangkangnya yang berpori akan kemasukan bakteri," kata Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan holistik dan penulis sepuluh buku The Mood Book.

Lantas, bagaimana jika kotoran ayam menempel pada telur?

Mercree mengakui bahwa telur yang baru saja dari kandang, yang belum melalui proses pencucian oleh pabrik, memiliki potensi lebih besar terkontaminasi oleh kotoran. Namun ada cara khusus untuk membersihkan telur.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air dingin atau air hangat?

"Jika telur baru saja diambil dari kandang, Anda bisa mengunakan air dingin atau hangat yang mengalir. Tapi tetap, jangan mencucinya dengan sabun," katanya.

Namun jika telur sudah dijual di pasaran atau swalayan, sebaiknya tidak perlu mencuci telur lagi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.