Sukses

Banyak Dicari dan Diminati, Apa Saja Manfaat Sehat Jahe Merah?

Beberapa orang percaya jahe merah bisa jadi obat Virus Corona. Itu sebabnya akhir-akhir ini rimpang ini jadi buah bibir dan banyak dicari.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang percaya jahe merah bisa jadi obat Virus Corona. Itu sebabnya akhir-akhir ini rimpang ini jadi buah bibir dan banyak dicari.

Tak seperti jahe putih yang lebih sering digunakan sebagai bahan minuman dan olahan makanan, jahe merah lebih umum dipakai sebagai bahan jamu atau obat herbal.

Umumnya, jahe memang digunakan sebagai tanaman obat karena memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri dan terutama mengandung senyawa gingerol, substansi kuat yang berfungsi sebagai antioksidan kuat mengobati berbagai penyakit termasuk infeksi yang disebabkan oleh mikroba.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Jahe Merah

Secara umum jahe mampu meredakan gangguan pencernaan mulai dari mengatasi mual, muntah hingga meredakan gejala flu dan demam. Termasuk ke dalam keluarga Zingiberaceae, jahe merah masih satu keluarga dengan lengkuas dan kunyit. Karena lebih sering digunakan sebagai obat, kandungan gingerol dalam jahe merah lebih banyak dan lebih kuat.

Penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Journal of Ethnopharmacology menyebutkan bahwa kandungan anti virus pada jahe mampu menyembuhkan masalah kesehatan pernapasan pada manusia karena infeksi virus.

Jadi, tak heran jika kemudian jahe merah saat ini sedang banyak dicari. Karena tidak menutup kemungkinan kandungan sehatnya mampu mengatasi infeksi virus.

(Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini