Antisipasi COVID-19, RS Awal Bros Akan Screening Seluruh Pasien yang Datang

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 04 Mar 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 04 Mar 2020, 13:00 WIB
Ilustrasi rumah sakit/Pixabay StockSnap
Perbesar
Hadapi COVID-19, RS Awal Bros akan melakukan screening ke seluruh pasien yang datang. Pixabay StockSnap

Liputan6.com, Jakarta Sebagai langkah antisipasi menghadapi Virus Corona (COVID-19), RS Awal Bros Group akan melakukan tahapan screening terhadap pasien yang datang ke seluruh jaringan RS Awal Bros Group di Indonesia. Upaya itu disampaikan dokter Ferdy D Tiwow.

“Setiap pasien akan ditanya, apakah dia memiliki keluhan batuk atau keluhan lainnya, dengan tendensi (gejala yang mengarah) pada COVID-19,” ungkap Ferdy selaku Chief Executive Officer (CEO) RS Awal Bros Group Corporate, ditulis Rabu (4/3/2020).

Melalui keterangan resmi kepada Health Liputan6.com, screening akan dilanjutkan dengan penelusuran riwayat kontak atau kunjungan pasien dengan pihak-pihak atau daerah-daerah yang terjangkit COVID-19.

Jika pasien pernah melakukan kontak atau mengunjungi wilayah yang terjangkit coronavirus, maka pasien dapat masuk dalam kategori suspek.

“Pasien akan kami rujuk ke rumah sakit rujukan coronavirus di Indonesia,” lanjut Ferdy.

2 dari 3 halaman

Observasi Gejala dan X-Ray

Disambangi Menkes Terawan, Begini Suasana RS Mitra Keluarga Depok
Perbesar
Perawat berada di depan ruang isolasi di RS Mitra Keluarga, Depok, Senin (2/3/2020). Sebanyak 70 petugas medis di RS Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, dirumahkan. Petugas tersebut sempat berinteraksi dengan dua pasien yang positif terinfeksi virus korona COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk menetapkan seseorang terjangkit COVID-19 atau tidak, RS Awal Bros Group akan melakukan berbagai observasi. Observasi berupa melihat gejala yang dialami pasien, seperti demam, flu (flu like syndrome), batuk, dan sesak napas bila kondisi semakin parah.

“Lebih lanjut, kami melakukan pengecekkan X Ray Thorax jika pasien terindikasi mengalami pneumonia (infeksi paru-paru). Adapun pemeriksaan lain yang dilakukan dengan Polymerase Chain Reaction (PCR),” Ferdy menerangkan.

Pemeriksaan PCR untuk mendiagnosis apakah seseorang terkena infeksi virus atau tidak. Selain itu, apabila terindikasi  gejala coronavirus, masyarakat dapat mengunjungi atau menghubungi Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Awal Bros terdekat untuk ditindaklanjuti secara medis.

Sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit, RS Awal Bros akan berupaya menambahkan frekuensi pembersihan di beberapa titik yang sering disentuh pasien. Misal, tempat duduk, tangga, loket, dan lift.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓