Sukses

2 Warga Depok Positif Virus Corona, Kemenkes Nyatakan Belum Ada Karantina Wilayah

Kemenkes menyatakan belum ada pembatasan wilayah maupun kegiatan terkait ditemukanya virus Corona di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan menegaskan belum melakukan akan melakukan isolasi terhadap daerah-daerah tertentu terkait ditemukannya positif virus Corona COVID-19 di Indonesia.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono mengatakan hal tersebut usai mendapatkan pertanyaan seputar kemungkinan isolasi daerah seperti yang terjadi di Wuhan, Tiongkok.

"Belum-lah, ngawur aja. Masa baru ditemukan satu kasus terus langsung diisolasi satu wilayah. Nanti ada indikator-indikatornya," kata Anung di Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta, pada Senin (2/3/2020).

Sementara itu, terkait sterilisasi area yang berpotensi menjadi tempat penularan virus corona COVID-19, Kemenkes mengatakan mereka masih berfokus pada penelusuran close contact pasien di Indonesia.

"Kita belum sampai ke sana, tadi kan masih ngomong close contact, kita belum ngomong area," kata Anung, ditulis Selasa (3/3/2020).

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Pembatasan Kegiatan Tertentu

Karena masih melakukan penelusuran kontak dekat pasien beserta mempelajari potensi pola penularan, Anung mengatakan bahwa Kemenkes juga belum ada keputusan terkait pembatasan kegiatan-kegiatan tertentu.

"Sampai sekarang kita belum membicarakan hal-hal yang menyangkut tentang event atau kegiatan. Karena kasus positif ini terus ditelusuri," kata Anung.

"Nanti kalau itu sudah ketemu polanya, baru kami akan mempertimbangkan. Saya bicara mempertimbangkan ya, mana sebuah kegiatan yang perlu dilakukan pembatasan, mana yang perlu dilakukan pelarangan, mana kegiatan yang masih bisa dikerjakan," ujarnya.

Seperti diungkap oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebelumnya, dua warga negara Indonesia yang tertular COVID-19 melakukan kontak dekat dengan orang Jepang di sebuah pesta dansa pada tanggal 14 Februari lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.