Sukses

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Lebih Waspada Virus Corona

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memberikan anjuran untuk masyarakat untuk lebih mewaspadai penyebaran virus corona namun tak perlu panik.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengajak masyarakat lebih mewaspadai penyebaran Virus Corona.

"Sudah dua (orang) positif virus corona, mungkin juga ada di tempat lain. Kita semua harus mempersiapkan diri untuk hal terjelek. Tapi jangan panik," katanya.

Dalam video singkat PMI yang Liputan6.com terima, ia menyampaikan beberapa hal, seperti:

1. Jika mengalami gejala sakit, seperti batuk, flu demam sesak napas, segera periksakan diri ke Fasilitas Kesehatan.

"Ini sangat penting. Mereka (petugas kesehatan) yang mengetahui Anda (terinfeksi) Virus Corona atau tidak," kata mantan Wakil presiden tersebut.

2. Gunakan masker

Meski masker tidak wajib digunakan bagi orang yang sehat, namun Kalla mengimbau bagi masyarakat yang sakit untuk mengenakan masker.

"Kalau ke rumah sakit, masa inkubasi 14 hari. Bisa saja dia tidak merasa sakit. Tapi enggak apa-apa pakai masker. Sangat penting. Walaupun semua merasa khawatir, tidak perlu panik, semua berhati-hati," ujarnya.

Kalla juga menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker di tempat transportasi umum atau di tempat yang ramai. "Misalnya saat berdesak-desakan di dalam bus."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hidup bersih

Berlaku untuk mencegah penyakit apa pun, Kalla menyarankan untuk tetap menjaga hidup bersih, perilaku sehat dengan mencuci tangan pakai sabun dan bila perlu antiseptik setelah beraktivitas.

"Bukan sekadar pakai sabun. Cuci tangan dengan cara yang baik. Keempat (sela-sela) jari juga dibersihkan," katanya.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga kekebalan tubuh menjadi yang sangat penting. "Tingkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi, istrirahat cukup, hindari kelelahan yang berlebihan karena apabila sistem imun rendah, perlu makan vitamin."

"Ayo kita waspada, mulai dari diri sendiri. Jangan panik. Tetap berhati-hati. Hindari pertemuan banyak orang. sangat penting untuk memberikan rasa aman, dan ikuti aturan petugas kesehatan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.