Sukses

5 Langkah Pencegahan Virus Corona di Luar Ruangan

Ikuti lima langkah pencegahan virus corona menurut ilustrasi gambaran yang dibuat Weiman Kow.

Liputan6.com, Jakarta - Ketakutan seputar virus corona telah menimbulkan berbagai informasi palsu yang mungkin membingungkan banyak orang. Untuk itu, seniman Singapura, Weiman Kow memutuskan untuk membantu mengatasi kebingungan dengan cara yang lebih mudah dicerna, yaitu melalui ilustrasi pada Facebook.

Untuk diketahui, virus ini dapat menyebar ketika partikel virus pada orang yang sakit masuk ke dalam orang sehat. Ketika seseorang melihat orang yang batuk, bersin, atau sakit, orang bisa menjaga jarak, dengan jarak 50 sentimeter sampai 2 meter untuk menjaga seseorang tetap aman dari jangkauan partikel virus yang besar.

Selain itu, orang juga bisa memberikan masker kepada orang yang sakit, karena mereka akan batuk atau bersin di dalam masker untuk melindungi orang-orang di sekitar.

 

Simak Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lima langkah pencegahan

Perlu diingat, orang yang memakai masker mungkin tidak sakit, dia mungkin hanya sedang melindungi diri. Meskipun begitu, terkadang air liur orang yang sakit dapat menempel pada tangan mereka, kenop pintu, pulpen, mouse, pegangan kereta, tisu, gelas, sumpit, perangkat digital, tombol lift, dan pegangan tangga, dan bahkan di bagian luar masker yang dapat menularkan virus corona.

Jika seseorang tidak sengaja menyentuh benda-benda tersebut, lalu kemudian menyentuh wajah sendiri atau bahkan wajah orang-orang terdekat, semua bisa jatuh sakit, karena virus ini dapat menempel pada permukaan benda lebih dari 24 jam.

Oleh kerena itu, sebaiknya ikuti lima langkah pencegahan berikut, menurut ilustrasi gambaran yang dibuat Weiman Kow:

1. Jangan menyentuh wajah atau wajah orang lain

Jika memang harus, cuci tangan dengan sabun secara menyeluruh terlebih dahulu (cuci tangan sampai siku), selanjutnya cuci bagian belakang telapak, sela-sela jari, bagian bawah kuku dengan durasi selama 20 detik atau durasi yang sama saat bernyanyi Selamat Ulang Tahun dua kali.

3 dari 3 halaman

2. Buang masker setelah terasa kotor

Jangan pakai masker lebih dari satu hari. Bakteri dapat berkembang biak didalam masker jika dipakai terlalu lama. Usahakan jangan menyentuh bagian luar masker. Kalaupun terlanjur, segera cuci tangan dengan sabun.

3. Jangan berbagi makanan, alat makan, gelas, dan handuk

Gunakan sendok saji untuk mengambil makanan, dan setiap anggota keluarga wajib memiliki handuknya masing-masing.

4. Jika bisa, usahakan membuka dan menutup pintu dengan siku atau bahu

Siku pasti tidak akan menyentuh wajah walau dicoba

5. Selalu cuci tangan dengan sabun

Selalu ingat untuk memcuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah pergi ke tempat umum.

 

Penulis: Lorenza Ferary

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.