Sukses

Tanpa Anda Sadari, Buah-buahan Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Para ahli menyarankan berbagai metode diet untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan anthocyanin (flavonoid).

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Meskipun memberi efek yang berbeda ke setiap orang, para ahli menyarankan berbagai metode diet untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan anthocyanin (flavonoid). Flavonoid telah menunjukkan dempak yang baik terhadap penurunan berat badan.

Maka dari itu, beriku ini merupakan 7 buah yang bagus untuk ditambahkan ke dalam menu sehari-hari, dilansir dari FoodEatSafe.

1. Ceri

Berdasarkan penelitian oleh University of Michigan, Amerika, tikus yang diberi makan ceri memmiliki pengurangan lemak perut 9% lebih besar dibandingkan tikus yang melakukan diet 'Barat'.

Ceri juga dikaitkan dengan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan, menjadikannya pilihan terbaik.

2. Semua jenis berry

Buah ini membantu menurunkan berat badan dengan menghentikan pembentukan lemak. Hal ini berdasarkan penelitian dari Texas Women's University yang menemukan tikus penerima 3 beri setiap hari mengurangi pembentukan sel lemak sebanyak 73%.

3. Semangka

Semangka yang kita tahu mengandung sebagian besar air dan gula, tapi sebenarnya semangka juga dapat menurunkan akumulasi lemak, menurut University of Kentucky. Jus semangka juga dikaitkan dengan pengurangan nyeri otot pasca olahraga.

4. Ruby red grapefruit

Buah ini (sejenis jeruk bali) baik untuk mengurangi lemak perut dan menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian, peserta yang mengonsumsinya mengalami penyusutan pinggang rata-rata satu inchi, kemungkinan karena kombinasi phytochemical dan vitamin C pada jeruk ini.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Apel Pink lady

Pada dasarnya, apel merupakan sumber serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Menurut Wake Forest Baptist Medical Center, setiap Anda mengonsumsi 10 gram buah ini, lemak perut berkurang 3,7% dalam periode 5 tahun.

Artinya, apel membantu menurunkan berat badan. Buah ini juga mengandung antioksidan flavonoid, menjadikannya pilihan terbaik di antara varietas apel lainnya dalam hal menurunkan berat badan.

6. Nectarin, persik dan plum

Keluarga buah ini dikenal membantu mencegah sindrom metabolik (faktor risiko terkait obesitas, misalnya diabetes). Buah ini mengandung senyawa fenolik tinggi yang berperan dalam mengatur lemak. Buah ini juga lebih rendah gula daripada buah lainnya.

7. Pir

Terlepas dari rasanya yang manis, pir didominasi air dan serat, dua hal yang sangat membantu menurunkan berat badan dan membantu tetap kenyang lebih lama. Serat juga baik untuk sistem pencernaan dan sistem eliminasi sehingga Anda tidak merasa sembelit dan kembung.

Selain itu, buah pir juga mengandung vitamin C dan A yang baik dalam melawan radikal bebas dan mengurangi radang.

Saat Anda mengonsumsi buah, pasti Anda khawatir kandungan gulanya. Tetapi buah yang mengandung serat akan membantu mengatasi pelepasan gula dalam aliran darah, mencegahnya melonjak dan penurunan kadar glukosa secara tiba-tiba. Hal ini penting, tidak hanya untuk melindungi dari diabetes tipe 2, tetapi juga mengurangi hasrat makan.

"Hasilnya mungkin hanya mengubah sedikit, tapi memelihara berat badan lebih penting. Hanya mempertahankan berat badan saat dewasa dan seterusnya akan berdampak ke kesehatan masyarakat yang signifikan (karena kebanyakan orang bertambah berat badannya)." ujar Monica Bertoia, rekan peneliti di Harvard T.H Chan School of Public Health, sekaligus penulis utama di penelitian, mengutip dari Time.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.