Pria 62 Tahun Pecahkan Rekor Plank Selama Lebih dari 8 Jam

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 26 Feb 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 20:00 WIB
Plank

Liputan6.com, Jakarta Seorang pensiunan Angkatan Laut AS memecahkan rekor dunia melakukan plank dalam durasi panjang. Pria usia 62 tahun yang diketahui bernama George Hood itu bertahan dengan posisi plank hingga 8 jam, 15 menit dan 15 detik, menurut catatan Guinness.

George Hood tinggal di Naperville, Illinois. Selain pensiunan angkatan laut, dia juga pensiunan supervisor agen spesial Drug Enforcement Administration. Prestasi melakukan plank selama lebih dari 8 jam itu diraihnya pada 15 Februari 2020. Hood tercatat pernah meraih rekor nge-plank pada 2011. Namun, kala itu dia hanya nge-plank selama 1 jam 20 menit.

Ketika akan meraih rekor nge-plank keduanya di 2016, Hood dikalahkan oleh pria asal China Mao Weidong. Saat itu, Hood mampu nge-plank selama 8 jam 1 menit dan 1 detik.

Hood giat berlatih 4 hingga 5 jam sehari melakukan plank. Latihan itu dilanjutkan dengan gerak fisik lainnya.

"Lalu aku melakukan 700 push-up sehari, 2.000 sit up dan 500 leg squat. Untuk tubuh bagian atas dan lengan, aku melakukan arm curl setidaknya 300 kali sehari," terang Hood.

 

2 dari 2 halaman

Ingin Cetak Rekor Lain

olahraga
ilustrasi perempuan plank/Photo by Nathan Cowley from Pexels

Hood mengataka tak akan berlaga dalam lomba plank lagi .Tapi dia masih menyimpan satu keinginan, yakni mencetak rekor Guinness melakukan push up terbanyak selama satu jam. Rekor yang ada saat ini adalah 2.806, melansir New York Post.

Hood tak hanya menginspirasi melalui prestasinya, melainkan juga pesannya. "Siapa pun bisa melakukan apa yang kulakukan," ucapnya.

"Siapa pun (yang ingin) harus mulai melakukannya. Setiap pohon yang ditanam memiliki akar. Ketika pohon ditanam dan akar-akarnya mulai berkembang, entah itu 30 detik atau satu menit atau 5 menit atau satu jam (melakukan plank), Anda mulai mengulang prosesnya dan merawat pohon Anda sendiri. Pohon itu akan tumbuh dan Anda akan juga akan bertumbuh dan semakin baik," sarannya.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait