Sukses

Kacang Almond, Camilan Sehat yang Bikin Wanita Langsing dan Awet Muda

Cukup konsumsi kacang almon jika ingin langsing dan awet muda.

Liputan6.com, Jakarta Kacang almond memiliki banyak manfaat bagi wanita. Camilan sehat yang bisa dikonsumsi dalam keadaan utuh, dicincang, diiris, dan ditumbuk tidak hanya berguna untuk meningkatkan tenaga, tapi ada hal lainnya.

Kacang almond kaya akan nutrisi. Seperempat cangkir atau sebanyak 23 biji kacang almond mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Selain itu, terkandung juga 6 gram protein nabati, 4 gram serat, setengah dari target harian untuk vitamin E, dan 20 persen untuk magnesium bersama dengan vitamin B dan sejumlah kecil kalsium, zat besi, dan kalium.

Vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dapat melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penuanaan dini dan penyakit, mendukung imunitas, mengurangi peradangan, dan membantu memperluas pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah.

Magnesium di kacang almon pun berperan untuk menyehatkan otak, mengatur suasana hati, tidur lebih nyenyak, serta pengaturan gula darah dan tekanan darah. Seluruh nutrisi dalam almond dapat membantu melindungi kepadatan tulang.

Berikut manfaat kacang almond seperti dikutip dari situs Health pada Selasa, 25 Februari 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Almond dapat membantu kesehatan usus

Baik almond mentah maupun yang dipanggang telah ditemukan berperan sebagai prebiotik, yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri menguntungkan dalam usus, anti peradangan, dan kesehatan mental.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para peneliti mengamati bahwa orang yang sering makan almond mengalami perubahan penting dalam susunan mikrobioma usus mereka, termasuk penurunan bakteri patogen, fungsi insulin, regulasi kolestrol, dan anti inflamasi.

Menjaga kesehatan jantung

Almond telah terbukti mempertahankan atau meningkatkan kolestrol baik HDL (high density lipoprotein) pelindung jantung dan menurunkan kadar kolestrol jahat LDL (low density lipoprotein).

Almond dan kacang-kacangan lainnya juga membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Orang yang sering makan almond juga mengalami pengurangan lemak perut dan kaki.

Almond dapat membantu mengatur berat badan

Konsumsi kacang pohon, termasuk almond telah terbukti mengurangi indeks massa tubuh atau BMI (ukuran berat badan dengan tinggi badan) dan mengurangi ukuran pinggang. Selain kenyang, kombinasi lemak sehat, protein nabati, dan serat almond meningkatkan perasaan kenyang dan menunda kembalinya rasa lapar.

Almond baik untuk kesehatan kulit

Yang kita tahu bahwa lemak yang baik mendukung kesehatan kulit, tetapi kacang almond sebenarnya dapat membantu mengembalikan penuaan kulit.

Dalam studi tersebut, wanita post menopause yang sehat dibagi menjadi dua kelompok. Selama 16 minggu satu kelompok mengonsumsi 20 persen dari kalori harian mereka sebagai almond, dan yang lainnya makan dalam presentase yang sama dengan non almond.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok orang yang makan almond secara signifikan mengurangi keparahan keriput dibandingkan dengan kelompok orang yang makan non almond.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini