Sukses

6 Kesalahan Ini Harus Dihindari Pelari Baru

Jika Anda pelari baru, tentunya perlu memerhatikan kesalahan-kesalahan ini untuk menghindari permasalahan kesehatan selama dan setelah berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang baru mulai berolahraga biasanya akan mengeluhkan beberapa hal karena merasa nyeri ataupun sakit. Meskipun Anda hanya sekadar berlari kecil, tetap saja akan menimbulkan efek karena otot-otot tubuh beradaptasi dengan kebiasaan baru Anda.

Sebagai pelari baru, Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk menghindari cedera dan masalah lainnya. Berikut ini adalah kesalahan yang harus dihindari saat berlari:

1. Berlari dengan Cepat

Kesalahan paling umum ini biasanya dilakukan oleh pemula yang berlari terlalu keras dan cepat. Jika melakukan hal ini maka Anda akan merasa lebih cepat lelah dan dapat menggagalkan program hidup sehat.

Oleh karena itu, sebaiknya berlarilah secara bertahap. Ini akan membuat sesi berlari lebih menyenangkan sehingga membangun ketahanan Anda untuk tetap berolahraga. Penjelasan tersebut sesuai dengan lansiran dari Health.

2. Menetapkan Tujuan yang Tidak Realistis

Bisa saja Anda terpengaruh dengan apa yang dilakukan orang lain, tetapi sebagai pelari baru, Anda tak perlu berkecil hati. Mulailah dengan melakukan program realistis yang dapat membantu membangun kekuatan dan daya tahan untuk mencapai tujuan lari Anda.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengenakan Sepatu yang Salah

Sepatu juga sangat berpengaruh ketika Anda berlari. Menggunakan sepatu dengan jenis yang salah dapat menyebabkan cedera.

Anda bisa berkonsultasi di gerai olahraga untuk menemukan sepatu lari yang tepat. Mereka akan menentukan sepatu yang cocok untuk Anda sehingga terhindar dari berbagai permasalahan setelah berlari. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Very Well Fit.

4. Tidak Minum yang Cukup

Sebagian besar pelari meremehkan berapa banyak cairan yang hilang selama berlari dan tidak minum dengan cukup. Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan mereka dehidrasi dan merusak kinerja serta kesehatannya. Oleh karena itu, sebagai pelari baru, Anda perlu memperhatikan apa dan berapa banyak asupan cairan sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

3 dari 3 halaman

5. Mengenakan Pakaian yang Salah

Beberapa pelari mengenakan jenis pakaian yang salah atau yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca sehingga membuat mereka merasa tidak nyaman dan berisiko terkena penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas atau dingin. Anda dapat mengenakan pakaian dengan jenis kain yang tepat dan pastikan tubuh tetap kering dari keringat.

6. Tidak Bernapas dengan Benar

Hal ini merupakan hal terpenting saat berlari untuk menghindari napas yang dangkal. Anda harus memperhatikan pernapasan saat berlari, terutama jika Anda adalah pelari baru. Pastikan Anda bernapas melalui mulut dan hidung saat berlari untuk memenuhi kebutuhan oksigen di dalam tubuh.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.