Sukses

5 Manfaat Labu bagi Kesehatan

Labu merupakan jenis sayuran kaya akan serat, tetapi rendah kalori dan berikut ini beberapa manfaat lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Labu merupakan jenis sayuran yang mungkin dapat dikatakan identik sebagai hiasan saat perayaan Halloween. Namun, daging dari sayuran yang satu ini, ternyata dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh apabila dikonsumsi.

Dilansir dari Prevention pada Senin, 24 Februari 2020, labu termasuk salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Labu juga rendah kalori, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral. Ada banyak cara untuk mengonsumsi labu, salah satunya dijadikan pie labu, sup, salad, bahkan juga bisa dijadikan sebagai pengganti mentega.

Labu kalengan atau pun labu segar memiliki manfaat, kandungan vitamin dan nutrisi yang relatif sebanding. Namun, apabila membeli labu kalengan perlu diperiksa kandungannya apakah itu benar-benar 100 persen mengandung labu asli atau tidak dan apakah mengandung tambahan gula di dalamnya.

Berikut ini beragam manfaat labu yang baik bagi kesehatan tubuh.

1.       Mempertajam pandangan mata

Menurut ahli nutrisi di New York, Keri Gans, RD, CDN, labu adalah sumber antioksidan dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

“Dan juga dapat memperlambat perkembangan degenerasi makular,” Gans menambahkan.

Satu cangkir labu dapat memberi 200 persen dari asupan vitamin A harian yang telah direkomendasikan. Pada dasarnya, vitamin A membantu seseorang dalam memiliki penglihatan yang jelas, terutama dalam kondisi kurang cahaya.

Labu juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dipercaya dapat mencegah katarak.

2.       Meningkatkan kekebalan tubuh

Labu juga merupakan sumber vitamin C yang baik dalam membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, kata Gans.

Menurutnya juga bahkan labu mampu menurnkan risiko terkena kanker tertentu. Sebuah studi pada 2016, mengatakan bahwa ada hubungan positif antara labu dengan kanker prostat.

Lebih banyak labu dalam makanan, dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh dapat bekerja lebih baik dalam menangkal kuman, virus, dan mempercepat penyempuhan ketika adanya luka.

Terlebih lagi, labu yang dikonsumsi dengan hampir 20 persen dari jumlah rekomendasi vitamin C setaip harinya, mampu mempercepat penyembuhan dari demam.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermanfaat bagi kulit, jantung, usus

3.       Bagus untuk kulit

Karotenoid (pigmen organik yang memberi warna pada labu) di labu juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan kulit, menurut pendiri Beth Warren Nutrition, Beth Warren, RDN.

Antioksidan karotenoid dalam labu juga bermanfaat untuk memerangi efek penuaan dini pada kulit. Dipercaya juga mampu mengurangi peradangan kulit dan membantu menenangkannya.

4.       Menyehatkan perut dan jantung

Labu adalah sumber potasium dan magnesium yang baik. Mineral di dalamnya juga dapat menyehatkan jantung.

Peluang seseorang terkena penyakit jantung akan menurun ketika asupan serat juga terpenuhi, dan labu pun kaya akan serat.

Gans mengatakan, “Terlebih lagi, labu juga memberikan serat yang baik bagi usus dan dapat membantu menurunkan kolesterol.”.

5.       Mengenyangkan dengan sedikit kalori

Karena labu sangat tinggi serat, maka akan lebih mengenyangkan, tetapi juga tetap rendah kalori.

Itu menjadi pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badannya. Bisa mencoba untuk mengganti kentang atau roti dengan labu.

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.