Sukses

Sempat Tergenang Air, Pelayanan Pasien di RSCM Tetap Berjalan Normal

Sempat tergenang air, pelayanan pasien di RSCM tetap berjalan seperti biasa.

Liputan6.com, Jakarta Meski sempat tergenang air akibat hujan deras yang turun malam tadi, pelayanan pasien di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta tetap berjalan normal. Genangan air yang berada di selasar rumah sakit sudah surut sejak pukul 08.00 WIB.

"Sampai saat ini, pelayanan pasien di RSCM tidak terganggu dan tetap berjalan seperti biasa. Baik itu pelayanan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) maupun di ruang rawat inap," tulis Kepala Bidang Hubungan Masyarakat RSCM Ananto melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (23/2/2020).

"Dan genangan air telah surut sejak pukul 08.00 WIB. Di lokasi pelayanan seperti radiologi dan radioterapi telah selesai dibersihkan."

Kronologi kejadian, pukul 05.00 WIB telah terjadi genangan air setinggi mata kaki, sekitar 8 cm di sepanjang selasar Gedung GH RSCM akibat hujan. Kondisi tersebut berdampak pada masuknya air ke beberapa ruangan, yakni ruangan radiologi dan radioterapi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengecekan Alat Medis

Mengenai alat-alat medis yang dikabarkan terendam dan rusak, Ananto menegaskan, tim terkait masih melakukan pengecekan. Hingga berita ini ditayangkan, belum ada kerusakan alat-alat medis.

"Tim Fasilitas Medik (Fasmed) RSCM dan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta masih melakukan pengecekan alat medis radioterapi dan radiologi yang sempat terpapar genangan air," Ananto menerangkan.

"Dan sepanjang pemantauan belum ditemukan kerusakan yang berarti."

Alat-alat di Departemen Radiologi yang dikabarkan terkena air antara lain stationary X-ray ceiling, Fluoroscopy, Mammography, Stationary X-ray floor, Mobile X-ay, 2 unit CT scan, serta 1 unit ultrasound ‘accuson’ terendam,

Seluruh pengarsipan dan sistem komunikasi (PACS) di ruang baca diduga terendam. Kemudian satu unit MRI siemens juga dikabarkan terendam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.