Sukses

Bukan Cuma Minus, 7 Kondisi Ini Mengharuskan Anda Pakai Kacamata

Sayangnya banyak orang beranggapan kalau penggunaan kacamata hanya untuk mengatasi mata minus atau silinder. Padahal ada beberapa kondisi mata yang mengharuskan Anda menggunakan kacamata.

Liputan6.com, Jakarta Di era digitalisasi ini, mata akan mudah terganggu terutama bagi Anda yang sering menatap layar komputer atau ponsel.

Sayangnya banyak orang beranggapan kalau penggunaan kacamata hanya untuk mengatasi mata minus atau silinder. Padahal ada beberapa kondisi mata yang mengharuskan Anda menggunakan kacamata.

Reena Garg, MD, sub spesialis mata dalam bidang laser, bedah glaukoma, dan katarak di Washington Eye Institute di Riverdale, Maryland, menyarankan Anda untuk memakai kacamata jika mengalami 7 hal berikut ini, dilansir dari Reader's Digest.

1. Mata terasa sakit

Menurut dr. Garg, "Jarak lensa kacamata yang salah akan membuat otot mata bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan mata terasa gatal, kelelahan, berair, atau kering."

2. Sakit kepala

Kerja otot mata yang berlebihan setelah membaca buku, menatap layar komputer atau papan tulis akan membuat sakit kepala. Maka dari itu, dr.Garg menyarankan untuk fokuskan mata pada benda jauh selama 15-30 detik untuk mengistirahatkan otot mata.

3. Sering menyipitkan mata

Menyipitkan mata akan mengurangi cahaya yang masuk yang membantu mata mendapatkan penglihatan yang lebih jelas. Namun, jika dilakukan terlalu lama malah akan merusak penglihatan Anda dan berakhir sakit kepala. Menurut dr.Garg, karena kebiasaan, jadi tanpa sadar Anda sering menyipitkan mata.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tidak pernah memakai kacamata hitam

Paparan sinar yang terlalu terang akan memberatkan mata. Begitu juga saat Anda menggunakan ponsel. Mengurangi tingkat kecerahan layar TV, komputer atau ponsel serta penggunaan kacamata akan membantu mencegah mata bekerja terlalu berat.

5. Sering mengatur komputer

Bagi Anda yang sering merasa tidak nyaman saat duduk di depan komputer, Garg juga menyarankan untuk menggunakan kacamata.

"Kebanyakan pasien sering mengutak-atik posisi komputer, seperti duduk lebih jauh dari layar komputer, atau menempatkan buku di bawah komputer agar mereka melihat layar lebih baik," katanya.

6. Merasa mual

Kedua mata menghasilkan gambar dari apa yang terlihat dan mengirim sinyal ke otak untuk mendapat gambaran yang jelas. Tetapi jika satu mata memiliki penglihatan yang lebih kabur dari yang satunya, sehingga otak memiliki dua gambar dengan kualitas berbeda, akan sulit bagi otak untuk menyatukan gambar-gambar tersebut. Yang pada akhirnya menyebabkan Anda merasa vertigo, mual, atau silinder (saat mata menghasilkan gambar berbayang).

7. Sudah lebih dari 1 tahun sejak terakhir periksa mata

Setidaknya sekali dalam setahun Anda harus memeriksakan mata ke dokter, saran dr.Garg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.