Sukses

6 Cara Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Berikut ini adalah cara sederhana untuk menghentikan kebiasaan mendengkur.

Liputan6.com, Jakarta Mendengkur merupakan suatu kondisi ketika seseorang tidur dengan mengeluarkan suara keras. Mendengkur menjadi salah satu kebiasaan seseorang yang dapat mengganggu mereka yang mendengarnya.

Kebiasaan mendengkur biasanya terjadi pada orang dewasa. Namun, tak menutup kemungkinan juga bagi mereka yang masih usia muda juga punya kebiasaan serupa. 

Jika mempunyai kebiasaan mendengkur, pastinya Anda ingin menghilangkan kebiasaan yang mengganggu tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat memperhatikan cara sederhana ini untuk mengatasi kebiasaan mendengkur:

1. Ubah Posisi Tidur Anda

Berbaring telentang dapat menyebabkan suara dengkur saat tidur. Anda dapat mencoba posisi tidur menyamping untuk mencegah kebiasaan mendengkur.

Jika sudah mengubah posisi tidur, tetap mendengkur, kemungkinan Anda mengalami apnea tidur obstruktif, gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara.

Untuk memastikannya, Anda dapat menemui tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat, melansir WebMD.

2. Melakukan Upaya Penurunan Berat Badan

Jika berat badan bertambah dan muncul kebiasaan mendengkur, Anda dapat melakukan upaya penurunan berat badan.

"Jika Anda bertambah berat badan, terutama di sekitar leher, itu bisa menghimpit diameter internal tenggorokan sehingga lebih berisiko untuk mendengkur," kata ahli THT dan ahli mendengkur di Capital Otolaryngology, Texas, Amerika Serikat, Daniel P. Slaughter.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Hindari Alkohol

Menurut direktur program Clinical Neurophysiology and Sleep, di JFK Medical Center, Amerika Serikat, Sudhansu Chokroverty, MD, FRCP, FACP, minum alkohol empat hingga lima jam sebelum tidur dapat membuat suara mendengkur Anda menjadi lebih buruk. Orang yang biasanya tidak mendengkur pun, dapat memiliki kebiasan ini setelah minum alkohol.

4. Lakukan Kebersihan Tidur yang Baik

Sibuk bekerja dan mengurus rumah tangga bisa menjadi salah satu penyebab kualitas tidur Anda menjadi buruk. Selain tidak baik untuk kesehatan, kualitas tidur yang buruk dapat menciptakan kebiasaan mendengkur.

"Kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek yang mirip dengan minum alkohol," kata Slaughter.

3 dari 3 halaman

5. Berhenti Merokok

Selain merusak kesehatan secara keseluruhan, merokok juga dapat mengiritasi saluran pernapasan sehingga dapat memperburuk dengkuran Anda.

Jika Anda berhenti merokok, bisa saja dapat membantu Anda memiliki lebih sedikit kebiasaan mendengkur. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Medical News Today.

6. Mengobati Alergi

Reaksi alergi dapat menyebabkan kemacetan atau sumbatan pada saluran napas. Hal ini tentunya dapat memperburuk dengkuran Anda. Jika mendengkur yang Anda alami disebabkan karena adanya alergi, sebaiknya mendapatkan penanganan yang tepat untuk menghentikan alergi tersebut.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.