Sukses

Sembelit Menyerang Anda? Coba Makan dan Minum Ini

Sering kali sebagian orang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman ini.

Liputan6.com, Jakarta Sembelit merupakan suatu kondisi ketika seseorang memiliki siklus buang air besar tiga atau lebih sedikit dalam seminggu. Biasanya ditandai dengan kotoran yang keras dan kering sehingga terasa sakit saat dikeluarkan.

Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah lambatnya pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini untuk mengatasi sembelit:

1. Air

Minum air yang cukup merupakan faktor penting dalam meredakan sembelit. H2O dalam air sangat penting untuk membantu kotoran Anda bergerak dengan mudah melalui usus besar. "Pekerjaan utama usus besar adalah menyerap kembali air. Jika Anda mengalami dehidrasi, kotoran Anda akan lebih sulit untuk dilewati," kata ahli gastroenterologi di University of Pittsburgh, Amerika Serikat, Elizabeth Blaney. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Health.

2. Kacang Polong

Kacang mengandung pati resisten yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di usus besar dan dapat membantu Anda menyeimbangkan bakteri dalam saluran pencernaan. "Tingkatkan asupan makanan kaya serat secara bertahap," kata Blaney.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri aktif hidup atau probiotik yang dapat membantu seluruh kesehatan sistem pencernaan. Terdapat meta-analisis dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2014 yang mengatakan bahwa probiotik yang dikandung dalam yogurt dapat membantu Anda meningkatkan siklus buang air besar.

4. Kopi

Para ahli percaya bahwa kopi dapat merangsang kontraksi otot di usus besar sehingga dapat membantu Anda lebih sering untuk buang air besar. Direktur Gastrointestinal Motility Center di Mount Sinai Hospital, Amerika Serikat, Gina Sam, MD, menyarankan Anda untuk minum kopi saat pagi hari.

3 dari 3 halaman

5. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat melindungi usus dan memperlancar sistem pencernaan. Zat ini juga dapat membantu Anda mencegah pertumbuhan mikroorganisme berlebih di dalam usus yang nantinya bisa mengganggu perncernaan sehat Anda. Para peneliti menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi kecambah brokoli memiliki risiko yang lebih sedikit gejala sembelit. Penjelasan tersebut seperti yang dilansir dari Medical News Today.

6. Apel dan Pir

Kedua buah ini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan pencernaan, termasuk serat, sorbitol, dan fruktosa. Dengan kadar air yang tinggi, apel dan pir dapat membantu Anda meringankan pencernaan dan mencegah sembelit. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi kulit dari kedua buah ini untuk memaksimalkan khasiatnya.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.