6 Hal Ini Akan Terjadi Saat Anda Mengonsumsi Banyak Cokelat

Oleh Liputan6com pada 15 Feb 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 15 Feb 2020, 18:00 WIB
Cokelat jadi kado Valentine (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta Hari Valentine erat kaitannya dengan cokelat sebagai salah satu simbol kasih sayang. Dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, cokelat menarik perhatian Anda untuk membelinya dan memberikan kepada orang terkasih.

Mengonsumsi coklat secara berlebihan, justru dapat membahayakan kesehatan Anda. Berikut ini adalah efek samping yang dapat Anda rasakan setelah mengonsumsi terlalu banyak cokelat pada Hari Valentine:

1. Kenaikan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat berkaitan dengan indeks massa tubuh (BMI). Siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan, harus membatasi konsumsi cokelat. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Medical News Today.

2. Mengancam Kesehatan Tulang

Terdapat beberapa bukti bahwa cokelat dapat menyebabkan struktur tulang dan osteoporosis yang buruk. Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa seserorang yang mengonsumsi cokelat setiap hari memiliki kepadatan dan kekuatan tulang lebih rendah daripada orang lain yang tidak mengonsumsi cokelat.

2 dari 4 halaman

3. Gangguan Pendarahan dan Memar

Cokelat dapat memperlambat pembekuan darah. Apalagi jika mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak, dapat meningkatkan risiko pendarahan dan memar pada Anda dengan riwayat gangguan pendarahan. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari WebMD.

4. Masalah Gastrointestinal

Gastrointestinal adalah pendarahan yang terjadi di saluran cerna mana pun. Dengan mengonsumsi terlalu banyak cokelat dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan karena sifat kafein yang asam. Makanan asam dapat menimbulkan masalah asam lambung, berkeringat, dan muntah. Oleh karena itu, terlalu banyak kafein dapat memperburuk masalah pencernaan Anda. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Nature Word.

3 dari 4 halaman

5. Menyebabkan Insomnia, Agitasi, Sakit Kepala, Gemetar

Kafein dan teofilin adalah salah satu senyawa khusus dalam cokelat dapat membuat Anda lebih waspada dan terjaga. Oleh karena itu, mengonsumsi cokelat pada malam hari dapat menyebabkan insomnia dan agitasi. Teofilin dalam cokelat juga menstimulasi sistem saraf pusat dan sistem kardiovaskular sehingg dapat menyebabkan efek samping, seperti mudah marah, sakit kepala, mual, dan insomnia.

6.  Menyebabkan Jantung Berdebar

Mengonsumsi cokelat terlalu banyak dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Beberapa orang juga mengeluhkan bahwa mereka mengalami keringat yang sangat banyak, sakit kepala ringan, gemetar, dan merasa lemah.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓